Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Budaya Lokal Gamelan Cilik pada Anak Usia Dini

Main Article Content

Joko Pamungkas

Keywords

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan adaya hubungan peran orangtua dalam pembelajaran budaya lokal gamelan cilik pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan ataupun wawancara terhadap orangtua, observasi dengan dokumentasi pada anak kelompok B di TK ABA Ngabean 2 yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah tingakt keeratan hubungan antara peran orangtua dengan pembelajaran budaya lokal gamelan cilik sangat tinggi dilihat dari hasil hitungan korelasi yaitu 0,9994 atau mendekati angka 1. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel peran orangtua terhadap pembelajaran budaya lokal gamelan cilik sangat kuat dan tanda korelasi positif menunjukkan adanya hubungan linier sempurna dan garis memiliki kemiringan yang positif. Data tersebut menunjukkan bahwa seiring dengan meningkatnya X atau peran orangtua maka hasil nilai y akan meningkat atau pembelajaran budaya lokal gamelan cilik. Lingkungan keluarga sebagai tempat untuk pendidikan pertama bagi anak. Anak pada usia 0-6 tahun merupakan masa dimana anak peka terhadap segala hal, jadi dalam hal ini pembelajaran budaya lokal gamelan cilik baik dilakukan pada masa-masa ini.

 

Kata kunci: peran orangtua, anak usia dini, gamelan cilik