Implementasi Pendekatan Pembelajaran Steam Berbahan Loose Part dalam Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 pada Anak Usia Dini

Main Article Content

Meida Afina Putri
Cahyorini Wulandari
Annisa Rizky Febriastuti

Keywords

Abstract

Kemajuan perkembangan pasar global memberi dampak yang cukup signifikan terhadap berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan anak usia dini. Sebagai calon pemimpin bangsa di masa yang akan mendatang, seorang anak perlu dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan dan juga keterampilan. Adanya model pendekatan belajar STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dengan berbahan loose part diharapkan mampu menjadi jembatan untuk meningkatkan keterampilan abad 21 pada anak usia dini. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan analisis yang menggunakan teknik literature study. Selanjutnya, hasil penelitian di analisis dan dideskripsikan dengan menggunakan bahasa yang tepat dan sistematis. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan, disimpulkan bahwa pendekatan belajar STEAM dengan berbahan loose part dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan anak usia dini di abad 21. Sebab dengan menggunakan bahan loose part tersebut anak dapat dengan bebas menuangkan ide kreativitasnya.

Kata kunci : STEAM, Loose Part, Anak Usia Dini, Abad 21