Tahfidz Teacher's Strategy in Learning to Memorize the Al-Qur'an Juz 30 in Kindergarten Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati

Main Article Content

Sumiyati Sumiyati
Shofiyati
Endah Istiana Endah

Keywords

Abstract

Abstrak


Anak -anak adalah cikal bakal yang baik untuk membangun dan menguatkan sebuah masyarakat serta menjaga Al-Qur’an dan Sunnatullah (sunnah nabi). Dari sini dibutuhkan peran aktif orang tua untuk memperhatikan belahan jiwanya agar menjadi buah yang matang dalam perjalanan masa depan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang perencanaan pembelajaran menghafal Al-Qur’an juz 30 di TK Raudlatul Falah Bermi, pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur’an juz 30 di TK Raudlatul Falah Bermi, Strategi guru tahfidz dalam pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur’an di TK Raudlatul Falah Bermi.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam penelitian ini akan mencari dan mendeskripsikan keutuhan gejala, peristiwa-peristiwa dan kasus atau kegiatan- kegiatan yang erat hubungannya dengan strategi guru tahfidz dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an juz 30 di TK Raudlatul Falah Bermi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur’an juz 30 di TK Raudlatul  Falah Bermi meliputi : a) Pembukaan yang mencakup: berdo’a sebelum pembelajaran, bernyanyi, tebak-tebakan sambung ayat sebelum pembelajaran dimulai, b) Kegiatan inti yang mencakup: pembelajaran menghafal Al-Qur’an, mendengar murottal dan setor hafalan pada guru tahfidz, praktek shalat dhuha, istirahat, pembelajaran kurikulum 2013, c) Penutup mencakup: berdo’a sebelum pulang, bernyanyi, tebak-tebakan sambung ayat sebelum pulang, pulang dengan tertib.


Kata Kunci: Guru tahfidz, Al-Qur’an, anak usia dini, Pembelajaran Menghafal Juz ‘Amma


 


Abstract


Children are a good forerunner to build and strengthen a society and maintain the Qur'an and Sunnah (sunnah of the prophet). From here, it takes the active role of parents to pay attention to their soulmate so that they become ripe fruit in the future journey. This study is intended to answer problems regarding the planning of learning to memorize Al-Qur'an juz 30 in TK Raudlatul Falah Bermi, implementation of learning to memorize Al-Qur'an juz 30 in TK Raudlatul Falah Bermi, Strategies tahfidz in the implementation of learning to memorize the Qur'an. at Raudlatul Falah Bermi Kindergarten. This research is a qualitative research, in this study will seek and describe the integrity of the symptoms, events and cases or activities that are closely related to the tahfidz in learning to memorize the Qur'an juz 30 in TK Raudlatul Falah Bermi. Collecting data using observation, interviews and documentation. The collected data were analyzed using descriptive analysis. The results showed that the implementation of learning to memorize Al-Qur'an juz 30 in TK Raudlatul Falah Bermi includes: a) Opening which includes: praying before learning, singing, guessing connecting verses before learning begins, b) Core activities which include : learning to memorize the Qur'an, listening to murottal and memorizing to the tahfidz, practicing duha prayer, taking a break, learning the 2013 curriculum, c) Closing includes: praying before going home, singing, guessing continued verses before going home, going home in an orderly manner.


Keywords; Tahfidz teacher, Al-Qur'an, early childhood, Learning to Memorize Juz 'Amma