Penerapan Media Flashcard dalam Pengenalan Huruf Bagi Anak Usia Dini

Main Article Content

Annisa Rahmasari
Arda Sulis Mutiara Arda
Devi Oktavia
Muzakki
Sri Hidayati

Keywords

Abstract

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peningkatan aspek bahasa pada anak usia dini melalui media flashcard. Pengenalan huruf pada anak usia dini harus menggunakan berbagai media dan cara agar anak dapat memahami huruf dengan baik dan benar. Bermain sambil belajar merupakan hal yang menyenangkan bagi anak usia dini, salah satunya dengan memberikan melalui media Flashcard sebagai bentuk pengenalan huruf. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Flashcard dalam pengenalan huruf di TK Al-Firdaus Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan subjek 1 guru di kelas B1. Teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara) dan observasi (pengamatan). Hasil penelitian yang diperoleh bahwa media flashcard dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik bagi anak dalam pengenalan huruf, hal ini disebabkan karena media flashcard menggunakan warna dan gambar-gambar yang memikat bagi peserta didik. Selain itu dalam pengenalan huruf menggunakan media flashcard anak-anak dituntut aktif. Sehingga media flashcard dapat membantu menstimulasi otak dan merangsang daya ingat terhadap pengenalan huruf anak.


 


Kata Kunci :  Media Flashcard, Pengenalan Huruf, Anak Usia Dini


 


Abstract


This research is motivated by an increase in aspects of language in early childhood through flashcard media. Recognition of letters in early childhood must use various media and ways so that children can understand letters properly and correctly. Playing while learning is fun for early childhood, one of which is by giving it through Flashcard media as a form of letter recognition. Based on this, this study aims to determine the application of Flashcard media in letter recognition in Al-Firdaus Kindergarten Palangka Raya. The research method used is descriptive qualitative with subject 1 teacher in class B1. Data collection techniques using interviews (interviews) and observation (observations). The results obtained that flashcard media can be used as interesting learning media for children in letter recognition, this is because flashcard media uses colors and images that are attractive to students. In addition, in recognizing letters using flashcard media, children are required to be active. So that flashcard media can help stimulate the brain and stimulate memory for recognizing children's letters.


 


Keyword :  Media Flashcard, Letter Recognition, Early Childhood