Neuroscience Based Learning In Early Childhood Islamic Religious Education

Main Article Content

Nurizati
Eren
Miftakhul
Masyunita Siregar
Uswatul

Keywords

Abstract

Abstrak


Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berbasis neurosains dalam Pendidikan agama islam anak usia dini. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah berbagai literatur baik berasal dari jurnal-jurnal terkait dengan pembelajaran berbasis neurosains dan Pendidikan agama silam anak usia dini. Pengumpulan data dilakukan dengan penelusuran dan pembacaan referensi terkait, baik secara digital maupun manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis neurosains memiliki perananan yang penting dalam mengembangkan Pendidikan agama islam pada anak usia dini. Yang mana tujuan dari neurosains itu sendiri adalah untuk untuk mempelajarai dasar biologis dari semua perilaku manusia sedangkan Pendidikan islam juga memiliki jejak di bidang ilmu saraf. Oleh karena itu, ilmu saraf memiliki jejaknya dalam Islam dan pendidikan memiliki landasan yang kuat dalam Al-Qur'an. Sehingga pendekatan neurosains dalam penelitian pendidikan Islam menjadi sangat penting.


 


Kunci Kunci : (Neurosains, Pendidikan Agama Islam, Anak Usia Dini).


 


Abstract


This paper aims to determine neuroscience-based learning in early childhood Islamic religious education. This research is a literature study with a qualitative approach. The data source for this research is various literature, both from journals related to neuroscience-based learning and early childhood religious education. Data collection is carried out by searching and reading related references, both digitally and manually. The results of the study show that neuroscience-based learning has an important role in developing Islamic religious education in early childhood. Where the goal of neuroscience itself is to study the biological basis of all human behavior while Islamic education also has traces in the field of neuroscience. Hence, neuroscience has its traces in Islam and education has a strong foundation in the Quran. So the neuroscience approach in Islamic education research is very important.


 


Keyword : (Neuroscience, Islamic Education, Early Childhood).