Building Block Games to Train Concentration in Children Aged 3-4 Years

Main Article Content

Zulfatin Ni'mah

Keywords

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan building block untuk melatih konsentrasi belajar anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis one group pree-test post-tes design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini (usia 3-4 tahun) di KB Salafiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung=-2 dan Ttabel untuk N=17 Taraf signifikan 5% atau 0,05 sebesar 35, maka (-2<35). Data tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian permainan building block dapat mempengaruhi atau mengingkatkan konsentrasi belajar dan anak menjadi lebih fokus serta tenang dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.