Building Block Games to Train Concentration in Children Aged 3-4 Years
Main Article Content
Keywords
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan building block untuk melatih konsentrasi belajar anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis one group pree-test post-tes design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini (usia 3-4 tahun) di KB Salafiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung=-2 dan Ttabel untuk N=17 Taraf signifikan 5% atau 0,05 sebesar 35, maka (-2<35). Data tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian permainan building block dapat mempengaruhi atau mengingkatkan konsentrasi belajar dan anak menjadi lebih fokus serta tenang dalam belajar.