Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Game Edukasi pada Anak Usia 5-6 Tahun

Main Article Content

Chenny Salmadev

Keywords

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf anak usia 5 sampai 6 tahun di TK Mitra Keluarga melalui media game edukasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil Penelitian ini : 1) Media game edukasi dapat meningkatkan kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam mengenal huruf. Hal ini dapat dibuktikan dari perkembangan kemampuan anak mengenal huruf pada setiap siklus. Pada tahap pra siklus kemampuan anak usia 5-6 tahun mengenal huruf rata-rata tidak lebih dari 57,3 %. Pada tahap siklus I mengalami peningkatan sebesar 13,8 % menjadi 71,2 % . Kemudian tahap terakhir atau siklus II mengalami kemajuan sebesar 9,8 % menjadi 80,8 %. Adapun peningkatan rata-rata dalam skor pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 18,7 %. Dengan demikan penelitian dihentikan pada siklus II karena presentasi kemampuan anak usia 5-6 tahun mengenal huruf telah mencapai target yang ditentukan. 2). Kemampuan mengenal huruf melalui media game edukasi anak usia 5-6 tahun di TK Mitra Keluarga dengan cara: a). Peneliti mengenalkan bahan dan alat yang dapat digunakan selain melalui game edukasi seperti kartu huruf, bermain musik dari barang bekas, bernyanyi, kolase gambar, dan menggunakan laptop, b). Peneliti menjelaskan kepada anak cara bermain game edukasi, c). Peneliti memberikan contoh permainan game edukasi itu seperti apa, d). Peneliti meminta anak untuk melakukan permainan game edukasi secara bergiliran.