Penerapan Metode Wafa dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di TPQ Masjid Baiturrahman Royal Mataram
Main Article Content
Keywords
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap penerapan metode wafa dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Masjid Baiturrohman Roayal Mataram. Metode wafa merupakan pembelajaran yang menggunakan konsep Quantum Teaching dengan pola Tandur akronim dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan, yang di mana sesuai dengan kebutuhan dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode wafa dalam mengenalkan huruf hijaiyah bagi anak usai dini di TPQ Masjid Baiturrohman Royal Mataram. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verivikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Penerapan metode wafa di TPQ Masjid Baiturrohman Royal Mataram mengikuti kegiatan yang sudah dirancang oleh wafa pusat sendiri walaupun tidak terlaksana secara menyeluruh. Mengenalkan huruf hijayah dengan metode wafa membantu anak usia dini dalam mengenal huruf hijaiyah yang sesuai dengan makhraj dan nada hijaz. Hal ini menunjukan bahwa melalui metode wafa memudahkan anak dalam mengenal huruf hijaiyah terlihat dari pelaksanaan pembelajaran, keaktifan guru dalam mengajar dan hasil pembelajaran.
Kata kunci: Penerapan, Metode Wafa, Huruf Hijaiyah, Anak 4-6 tahun.