Pengenalan Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Al - Hilal 3 Pucangan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo

Main Article Content

Novia Azizi Hakim Novia

Keywords

Abstract

Kejadian perilaku negatif belakangan ini sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkup sekolah anak dan lingkup rumah anak, mulai dari kekerasan fisik, verbal, mental, bahkan pelecehan atau kekerasan seksual. Pentingnya pengenalan pendidikan seksual untuk anak usia dini bisa menjadi bekal anak dalam mencegah perilaku menyimpang tersebut. Pendidikan seksual untuk anak juga merupakan tanggung jawab yang besar bagi orang tua serta guru di sekolah. Tujuannya dikenalkan sejak dini untuk melatih anak dan terbiasa menjaga diri dari hal-hal yang tidak baik dan memberikan informasi tentang bagian tubuh mana saja yang boleh dipegang maupun tidak boleh dipegang oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengenalan pendidikan seksual kepada anak usia dini serta mendeskripsikan metode yang digunakan guru dalam mengenalkan pendidikan seksual di Raudhatul Athfal Al-Hilal 3 Pucangan Kartasura.


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas B1 yang berada di Raudhatul Athfal Al-Hilal 3 Pucangan Kartasura. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teknik pengabsahan data yaitu trianggulasi. Serta menggunakan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi data.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pengenalan pendidikan seksual di Raudhatul Athfal Al-Hilal 3 Pucangan Kartasura telah dilakukan dengan cara membedakan barisan laki-laki serta perempuan, memberi aturan berpakaian yang menutup aurat, memberikan pemahaman batas aurat perempuan dan laki-laki, serta memberi pembelajaran dalam menggunakan kamar mandi atau toilet training beserta adab-adab masuk dan keluarnya. (2) Penggunaan metode dalam memberikan pengenalan pendidikan seksual untuk anak guru menggunakan metode demonstrasi yang membuat anak dapat memahami dengan baik dan dapat menerapkannya dengan benar.


 


Kunci Kunci : Pengenalan Pendidikan Seksual, Metode Demontrasi