Pengaruh Penggunaan Media Ape Papan Pintar dan Pohon Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok Usia 4-5 Tahun

Main Article Content

Laela Fadhilah Purnomo Putri
Retno Wahyuningsih

Keywords

Kemampuan Berhitung Permulaan, Papan Pintar, Pohon Angka

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berhitung permulaan pada anak, yang terlihat saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A dengan menggunakan media permainan papan pintar dan pohon angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di TK Perwa ida Boyolali pada bulan Januari-Maret 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok A dengan mengambil sampel 81 dengan menggunakan teknik sampling yaitu teknik cluster random sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa unjuk kerja yang dilakukan oleh anak sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis unit, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hpotesis menggunakan indpendent sampel t tes. Hasil penelitian diperoleh dengan nilai t hitung sebesar 4,290 dengan nilai sign fikan 5% adalah 0,00 sehingga t hitung (4,290) > nilai t tabel (1.990). Hasil ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A dengan menggunakan media alat permainan edukatif papan pintar dan pohon angka.

Downloads

Download data is not yet available.