Strategi dalam Pembelajaran Hadis Guna Meningkatkan Daya Ingat Anak Usia 5-6 Tahun di RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Main Article Content
Keywords
Pembelajaran, Daya Ingat, Hadis
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi pembelajaran hadis di RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk anak usia 5-6 tahun, dengan fokus pada strategi yang meningkatkan daya ingat anak. Tujuannya adalah menemukan metode efektif dalam pengajaran hadis. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini melibatkan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa metode pembelajaran melalui gerakan efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal dan pemahaman anak terhadap hadis. Temuan menyoroti bahwa gerakan membantu anak-anak mengingat hadis dan merangsang perkembangan motorik. Pendekatan ini membuat pembelajaran hadis menyenangkan dan mudah dipahami. Kerja sama antara guru dan orang tua, dengan orang tua melafalkan hadis di rumah, juga berperan penting. Kesimpulannya, metode pembelajaran hadis melalui gerakan di RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terbukti efektif dalam meningkatkan daya ingat anak dan membentuk karakter Islami sejak dini.