https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/issue/feed ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education 2024-01-24T10:01:23+07:00 Nur Tanfidiyah [email protected] Open Journal Systems <p><strong>ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education</strong></p> <p><strong><br /></strong>ABNA : (Journal of Islamic Early Childhood Education), Islamic University Raden Mas Said Surakarta, Central Java, Indonesia. This journal published twice a year in Juny and December by Islamic Early Childhood Education Department Islamic Education and Teacher Training Faculty of UIN Raden Mas Said Surakarta. This Journal invites scientists, academicians, researchers, and professionals in the discipline of Islamic Early Childhood Education to submit their best manuscripts that correspond with the topics bellow. Articles may be written in Indonesian, English, or Arabic.</p> <p> </p> <p>It contains articles from current research on Islamic Early Childhood Education, including:</p> <ul> <li>Parenting for early childhood education</li> <li>Management institution of early childhood education</li> <li>Learning strategy of early childhood education,</li> <li>Educational tool play and instructional media of early childhood education,</li> <li>Innovation in early childhood education</li> </ul> <p><span lang="IN">This Journal is published twice a year, in June and December</span></p> https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/view/7732 Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Game Edukasi pada Anak Usia 5-6 Tahun 2023-12-25T17:44:07+07:00 Chenny Salmadev [email protected] <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf anak usia 5 sampai 6 tahun di TK Mitra Keluarga melalui media game edukasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil Penelitian ini : 1) Media game edukasi dapat meningkatkan kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam mengenal huruf. Hal ini dapat dibuktikan dari perkembangan kemampuan anak mengenal huruf pada setiap siklus. Pada tahap pra siklus kemampuan anak usia 5-6 tahun mengenal huruf rata-rata tidak lebih dari 57,3 %. Pada tahap siklus I mengalami peningkatan sebesar 13,8 % menjadi 71,2 % . Kemudian tahap terakhir atau siklus II mengalami kemajuan sebesar 9,8 % menjadi 80,8 %. Adapun peningkatan rata-rata dalam skor pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 18,7 %. Dengan demikan penelitian dihentikan pada siklus II karena presentasi kemampuan anak usia 5-6 tahun mengenal huruf telah mencapai target yang ditentukan. 2). Kemampuan mengenal huruf melalui media game edukasi anak usia 5-6 tahun di TK Mitra Keluarga dengan cara: a). Peneliti mengenalkan bahan dan alat yang dapat digunakan selain melalui game edukasi seperti kartu huruf, bermain musik dari barang bekas, bernyanyi, kolase gambar, dan menggunakan laptop, b). Peneliti menjelaskan kepada anak cara bermain game edukasi, c). Peneliti memberikan contoh permainan game edukasi itu seperti apa, d). Peneliti meminta anak untuk melakukan permainan game edukasi secara bergiliran.</p> 2024-01-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/view/7134 Building Block Games to Train Concentration in Children Aged 3-4 Years 2024-01-02T14:30:32+07:00 Zulfatin Ni'mah [email protected] <p>Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan building block untuk melatih konsentrasi belajar anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis one group pree-test post-tes design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini (usia 3-4 tahun) di KB Salafiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung=-2 dan Ttabel untuk N=17 Taraf signifikan 5% atau 0,05 sebesar 35, maka (-2&lt;35). Data tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian permainan building block dapat mempengaruhi atau mengingkatkan konsentrasi belajar dan anak menjadi lebih fokus serta tenang dalam belajar.</p> 2024-01-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/view/8411 Pengenalan Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Al - Hilal 3 Pucangan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo 2024-01-01T20:48:22+07:00 Novia Azizi Hakim Novia [email protected] <p>Kejadian perilaku negatif belakangan ini sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkup sekolah anak dan lingkup rumah anak, mulai dari kekerasan fisik, verbal, mental, bahkan pelecehan atau kekerasan seksual. Pentingnya pengenalan pendidikan seksual untuk anak usia dini bisa menjadi bekal anak dalam mencegah perilaku menyimpang tersebut. Pendidikan seksual untuk anak juga merupakan tanggung jawab yang besar bagi orang tua serta guru di sekolah. Tujuannya dikenalkan sejak dini untuk melatih anak dan terbiasa menjaga diri dari hal-hal yang tidak baik dan memberikan informasi tentang bagian tubuh mana saja yang boleh dipegang maupun tidak boleh dipegang oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengenalan pendidikan seksual kepada anak usia dini serta mendeskripsikan metode yang digunakan guru dalam mengenalkan pendidikan seksual di Raudhatul Athfal Al-Hilal 3 Pucangan Kartasura.</p> <p>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas B1 yang berada di Raudhatul Athfal Al-Hilal 3 Pucangan Kartasura. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teknik pengabsahan data yaitu trianggulasi. Serta menggunakan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi data.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pengenalan pendidikan seksual di Raudhatul Athfal Al-Hilal 3 Pucangan Kartasura telah dilakukan dengan cara membedakan barisan laki-laki serta perempuan, memberi aturan berpakaian yang menutup aurat, memberikan pemahaman batas aurat perempuan dan laki-laki, serta memberi pembelajaran dalam menggunakan kamar mandi atau toilet training beserta adab-adab masuk dan keluarnya. (2) Penggunaan metode dalam memberikan pengenalan pendidikan seksual untuk anak guru menggunakan metode demonstrasi yang membuat anak dapat memahami dengan baik dan dapat menerapkannya dengan benar.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kunci Kunci : </strong>Pengenalan Pendidikan Seksual, Metode Demontrasi</p> 2024-01-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/view/7780 Penerapan Metode Wafa dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di TPQ Masjid Baiturrahman Royal Mataram 2024-01-01T20:37:21+07:00 Nur Kholidah nasution [email protected] <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap penerapan metode wafa dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Masjid Baiturrohman Roayal Mataram. Metode wafa merupakan pembelajaran yang menggunakan konsep <em>Quantum Teaching</em> dengan pola Tandur akronim dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan, yang di mana sesuai dengan kebutuhan dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode wafa dalam mengenalkan huruf hijaiyah bagi anak usai dini di TPQ Masjid Baiturrohman Royal Mataram. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verivikasi.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Penerapan metode wafa di TPQ Masjid Baiturrohman Royal Mataram mengikuti kegiatan yang sudah dirancang oleh wafa pusat sendiri walaupun tidak terlaksana secara menyeluruh. Mengenalkan huruf hijayah dengan metode wafa membantu anak usia dini dalam mengenal huruf hijaiyah yang sesuai dengan <em>makhraj </em>dan nada <em>hijaz</em>. Hal ini menunjukan bahwa melalui metode wafa memudahkan anak dalam mengenal huruf hijaiyah terlihat dari pelaksanaan pembelajaran, keaktifan guru dalam mengajar dan hasil pembelajaran.</p> <h1> </h1> <p><strong>Kata kunci:</strong> <strong>Penerapan, Metode Wafa, Huruf Hijaiyah, Anak 4-6 tahun.</strong></p> <p> </p> 2024-01-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/view/7699 Seed Internalization Strategy in Early Childhood Based on Kohlberg's Theory to Prevent Corrupt Behavior 2024-01-01T20:27:58+07:00 Mohammad Irsyad [email protected] <p><em>Penelitian ini </em><em>bertujuan untuk </em><em>mengetahui keterkaitan antara pendidikan moral, SEMAI (Sembilan Nilai Anti Korupsi), dan perkembangan moral, serta strategi internalisasi SEMAI pada anak usia dini berbasis Teori Kohlberg untuk menangkal perilaku koruptif. Jenis penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan, jenis analisis buku teks</em><em>. </em><em>Teknik analisis data meliputi, analisis konten, analisis induktif, dan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter pada dasarnya memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral. Sementara SEMAI merupakan nilai-nilai dari bagian pendidikan karakter yang menghindarkan setiap individu dari perilaku koruptif. Ada beberapa kata kunci dalam menerapkan strategi internalisasi SEMAI berbasis teori Kohlberg pada anak usia dini, di antaranya: 1) pada tahap orientasi hukuman&nbsp; dan kepatuhan,&nbsp; gunakanlah pujian atau hadiah bila anak melalukan kebaikan, sebaliknya gunakan hukuman bila anak melakukan kesalahan. 2) Pada tahap orientasi individualisme dan orientasi tujuan instrumental, ciptakanlah kegiatan/permainan yang menghadirkan adanya interaksi sosial atau kerjasama</em><em>.</em></p> 2024-01-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/view/8010 Hubungan Antara Bermain Media Kantong Ajaib dengan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini 2024-01-01T20:45:04+07:00 Lina Suryani [email protected] <p><em>Permasalahan pada penelitian ini adalah kecerdasan logika matematika pada beberapa anak di kelompok A TK Cahaya Kirana Cipara Kab</em><em>upaten </em><em>Bandung belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, realitas hubungan antara aktivitas bermain media kantong ajaib dengan kecerdasan logika matematika anak usia dini di kelompok A TK Cahaya Kirana Ciparay Kab. Bandung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada subjek 14 orang anak. Pengumpulan data menggunakan observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kedua variabel dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,601 dengan interpretasi hubungan yang kuat. Kemuadian diperoleh nilai thitung=2,604 dan ttabel=2,179 dengan db=12 pada taraf signifikansi 5%, karena 2,604 &gt; 2,179 maka dapat diartikan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi yang menyatakan kebenaran korelasinya yaitu sebesar 36,1%. Dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas bermain kantong ajaib dengan kecerdasan logika matematika anak usia dini di kelompok A TK Cahaya Kirana Ciparay Kab</em><em>upaten</em><em> Bandung.</em></p> 2024-01-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024