Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak-Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’hadul Muta’allimin Katerban
Main Article Content
Mempelajari Bahasa Arab sejak kecil akan membawa banyak manfaat di masa depan karena sangat penting dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya umat islam wajib mengetahui huruf hijaiyah untuk membaca al-quran. Dalam proses pembelajaran terdapat beberapa media yang digunakan, teknik, strategi yang digunakan dalam pembelajaran agar mencapai tujuan efektif serta visi misi yang jelas. Standar proses pembelajaran di MI ma’hadul muta’allimin Katerban meliputi 1) Perencanaan proses pembelajaran Bahasa Arab berupa Silabus dan RPP. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab. 3) Faktor Penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara ,observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut: 1.) Silabus mata pelajaran bahasa arab di MI ma’hadul muta’allimin Katerban kurikulum yang digunakan saat ini KTSP 2006 tidak terlalu banyak perubahan sehingga sampai saat ini tetap memakai KTSP 2006. 2) Pelaksanaan proses pembelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Ma’hadul Muta’allimin Agar dapat mencapai pembelajaran yang efektif sesuai instruksional yang ingin dicapai, tugas guru bahasa adalah berusaha keras agar siswa menjadi mampu berbahasa dengan bahasa yang dipelajarinya 3) faktor penghambat Ada beberapa faktor penghambat selama pelaksanaan pembelajaran di antaranya, kurang aktifnya guru pengajar dalam menanyakan materi lalu sebelum memulai atau menambah materi baru.
Abstrak bisa ditambah ya jangan hanya spt itu mngkin bisa dituliskan apa kira-kira yang akan dianalisis dalam pembelajaran bahasa arab tersebut. Misalnya tentang implementasi standart proses pembelajaran yang meliputi RPP Bahasa Arab , factor penghambat dan pendorong dan ini nnti juga dibahas pada pembahasan diabtrak hanya dituliskan garis besarnya saja.