Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Arab Kelas III MI Darul Huda Pacitan
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas 3 MI Darul Huda Pacitan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-d. Model 4-d terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian dari penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab, diperoleh hasil validitas materi 90%, validitas bahasa 70% dan validitas desain 71,6% dalam kategori valid. Hasil tingkat praktikalitas dinyatakan praktis, hal ini terlihat dari hasil respon guru dan hasil respon peserta didik. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas III MI Darul Huda Pacitan dinyatakan valid dengan kategori baik-sangat baik dan praktis.
Galuh Rihanita, UIN Raden Mas Said Surakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas 3 MI Darul Huda Pacitan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-d. Model 4-d terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian dari penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab, diperoleh hasil validitas materi 90%, validitas bahasa 70% dan validitas desain 71,6% dalam kategori valid. Hasil tingkat praktikalitas dinyatakan praktis, hal ini terlihat dari hasil respon guru dan hasil respon peserta didik. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas III MI Darul Huda Pacitan dinyatakan valid dengan kategori baik-sangat baik dan praktis.
Rizki Alifia Putri, UIN Raden Mas Said Surakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas 3 MI Darul Huda Pacitan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-d. Model 4-d terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian dari penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab, diperoleh hasil validitas materi 90%, validitas bahasa 70% dan validitas desain 71,6% dalam kategori valid. Hasil tingkat praktikalitas dinyatakan praktis, hal ini terlihat dari hasil respon guru dan hasil respon peserta didik. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas III MI Darul Huda Pacitan dinyatakan valid dengan kategori baik-sangat baik dan praktis.