Toleransi Beragama Dalam Pendidikan Bahasa Inggris Sekolah Dasar Kelas 1: Analisis Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum Merdeka

Authors

  • Shedy Amalia Rozzaqi UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Ade Septiana
  • Naura Fairuz Syifa

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar , Toleransi Beragama

Abstract

Mengenalkan toleransi beragama sejak kelas 1 sekolah dasar merupakan aspek penting dan perlu diperhatikan. Menurut definisi yang dirumuskan A. Zaki Baidawiy, tasamuh (toleransi) adalah pendirian atau sikap yang termanifestasi pada kesedian untuk menerima berbagai pandangan dan pendirian yang beranekaragam, meskipun tidak sependapat dengannya. Lebih lanjut dijelaskan bahwa toleransi ini erat kaitannya dengan masalah kebebasan atau kemerdekaan hak asasi dalam tata kehidupan bermasyarakat, sehingga mengizinkan berlapang dada terhadap adanya perbedaan pendapat dan keyakinan dari setiap individu[1]. Dengan memiliki rasa toleransi, siswa dapat berpegang teguh dalam menghargai dan menghormati kemajemukan di sekitarnya, sehingga tidak terjerumus dalam kefanatikan, rasisme, dan egosentris. Hal tersebut perlu diimplementasikan dalam kurikulum yang menjadi pedoman pembelajaran untuk mencapai salah satu tujuan pendidikan. Studi ini akan menganalisis perkembangan materi toleransi beragama pada buku Basic English kurikulum KTSP, buku Grow With English kurikulum 2013, dan buku My Next Words pada kurikulum merdeka. Berdasarkan analisis yang dilakukan, penulis menggabungkan metode literatur dan kepustakaan. Dari hasil studi ini menyatakan bahwa toleransi beragama sudah diajarkan sejak sekolah dasar yang sesuai dengan perkembangan kurikulum. Pada buku literatur kurikulum KTSP tidak membahas mengenai toleransi beragama, sedangkan pada kurikulum 2013 mulai menyisipkan toleransi beragama menggunakan ilustrasi visual dan diidentifikasi sesuai dengan sukunya. Sementara itu, pada buku literatur kurikulum merdeka memberi gambaran secara lebih spesifik mengenai toleransi beragama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perkembangan kurikulum berbanding lurus dengan berkembangnya zaman dan kesadaran sosial di lingkungan pendidikan. Maka melalui studi ini diharapkan pengimplementasian toleransi beragama dapat dimuat di setiap perkembangan kurikulum.

 

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Rozzaqi, S. A. ., Septiana, A. ., & Syifa, N. F. . (2022). Toleransi Beragama Dalam Pendidikan Bahasa Inggris Sekolah Dasar Kelas 1: Analisis Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum Merdeka. International Conference on Cultures & Languages (ICCL), 1(1), 873–893. Retrieved from https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/iccl/article/view/5813

Citation Check