SIMBOL TOLERANSI BERAGAMA PADA MASJID-MASJID KUNO DI JAWA (Studi Kasus di Masjid Gede Mataram dan Masjid Laweyan)

Authors

  • M. Fajar Shodiq UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Keywords:

Simbol,  Toleransi beragama, Masjid Kuno di Jawa

Abstract

Simbol toleransi beragama di Tanah Jawa juga terlihat jelas pada situs-situs sejarah, berupa bangunan heritage, bahkan tempat-tempat ibadah, seperti masjid, pura, gereja dan lain sebagainya. Beberapa ornamen dan arsitektur masjid yang berada di Jawa merupakan akulturasi dari beberapa budaya baik dari dalam maupun dari luar nusantara, bahkan dari beberapa agama yang singgah dan mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia.

            Simbol-simbol toleransi yang terdapat dalam arsitektur, ornamen bahkan barang atau perlengkapan dalam masjid kuno di Jawa, dalam hal ini Masjid Gede dan Masjid Laweyan menarik untuk menjadi kajian ilmiah. Penelitian ini menggunakan metodologi historiografi yang menyajikan cerita sejarah yang deskriptif serta paparan yang analistis dan menangkap fenomena untuk mengungkap smbol toleransi dan moderasi beragama pada beberapa masjid kuno bersejarah di Jawa.

Dari penelitian diatas juga disimpulkan jika toleransi agama bukan hanya pada jejak akulturasi pada interior dan eksterior Masjid Gedhe Mataram dan Masjid Laweyan saja, namun juga attitude atau perilaku pemeluk agama lain, seperti Hindu dan Kejawen membantu dalam proses pembuatan masjid ini.

 

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Shodiq, M. F. (2022). SIMBOL TOLERANSI BERAGAMA PADA MASJID-MASJID KUNO DI JAWA (Studi Kasus di Masjid Gede Mataram dan Masjid Laweyan). International Conference on Cultures & Languages (ICCL), 1(1), 1001–1020. Retrieved from https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/iccl/article/view/5818

Citation Check