PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPROMOSIKAN BUDAYA LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.22515/iccl.v2i1.9607Keywords:
Media Sosial, budaya lokal, globalisasi, promosiAbstract
Adopsi glokalisasi dan penggunaan media sosial secara efektif merupakan kombinasi strategis yang dapat memberikan peluang luar biasa bagi budaya lokal untuk dipromosikan secara lebih luas dan tetap relevan di tengah arus globalisasi dan modernisasi. Glokalisasi, sebagai pendekatan yang menggabungkan unsur global dan lokal, memungkinkan budaya lokal untuk beradaptasi dengan tren global sambil mempertahankan identitas aslinya. Sementara itu, media sosial hadir sebagai wadah yang berfungsi untuk memperkenalkan budaya lokal ke masyarakat global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam mempromosikan budaya lokal di tengah arus globalisasi dan modernisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan metode simak, catat. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Adapun teknik analisis menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki peran penting dalam mempromosikan budaya lokal. Media sosial dapat digunakan untuk: (1) menyebarkan informasi dan pengetahuan tentang budaya lokal kepada khalayak ramai, seperti membuat video dokumentasi tentang tradisi lokal masyarakat Indonesia, (2) meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan budaya lokal dengan membuat kuis interaktif terkait budaya lokal yang melibatkan berbagai kalangan masyarakat (3) mempromosikan produk dan jasa budaya lokal kepada wisatawan asing dengan membuat video testimoni dari wisatawan asing untuk menggaet wisatawan asing lainnya agar mencoba produk yang sama. Peran media sosial dalam mempromosikan budaya lokal bisa sangat signifikan. Media sosial memungkinkan individu dan komunitas untuk berbagi informasi, cerita, gambar, dan video tentang budaya mereka dengan cepat dan luas kepada audiens yang lebih luas.