Journal of Finance and Islamic Banking
Full Lenght Article
Effect of Profitability and Leverage on Disclosure of Corporate Social Responsibility in Islamic Commercial Banks
Abstract
The purpose of this study is to determine the effect of profitability and leverage on Corporate Social Responsibility. The population in this study are all Sharia Commercial Banks registered in the Financial Services Authority from 2014-2016. The sampling technique used purposive sampling method and obtained 10 research samples. For the dependent variable (y) of this research is Corporate Social Responsibility. For independent variable (x) that is profitability and leverage. The method used is quantitative research method. For data source is secondary data by using data analysis with statistic used SPSS software program assistance Smart SPSS 20. The results of this study indicate that profitability has no significant effect on Corporate Social Responsibility. The study also concluded that Leverage significantly influence Corporate Social Responsibility.
Declarations
Publisher's Note
Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta remains neutral with regard to jurisdictional claims in published maps and institutional affiliations.
References
Apriyanti, Ni Made Windya dan I.G.A.N Budiasih. 2016. Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan High dan Low Profile. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol 14 No.2.
Ardilla, Mahardhika Johan. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sifat Pengungkapan Sukarela Tanggung Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro.
Astuti Kurniasih. D., W. Retnowati dan A. Rosyid. 2015. Pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas (studi pada perusahaan gopublic yang menjadi 100 perusahaan terbaik versi majalah fortuner indonesia periode 2010-2012. Jurnal akuntansi 2 (1):49-60.
Booklet Perbankan Indonesia. 2011. Jakarta: Bank Indonesia.
Budi Untung, Hendrik. 2008. Corporate Social Responsibility.Jakarta: Sinar Grafika
Cahyaningrum, E. and Hoyyi, A. 2015. ‘Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perusahaan Menggunakan Pendekatan Partial Least Square (Studi Kasus pada PT. Telkom Indonesia Divisi Regional Jawa Tengah-DIY dan Wilayah Telekomunikasi Semarang)’, 4(2004), pp. 805–814.
C.Van Horne, James dan John M. Wachowicz Jr. 2013. Prinsip-Prinsip Managemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Darmawan, Decky dan Tita Deitiana. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol 16 No. 2. Desember: 158-165.
Dwi Karina, Lovink Angel dan Etna Nur Afri Yuyetta. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Csr. Journal Of Accounting. Vol 2 No. 2.
Fahrizqi. 2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi CSR dalam laporan tahunan perusahaan. Tesis pascasarjana FE UNDIP. Semarang: UNDIP.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, Mutiara Intan Permana dan Ahmad Tarmizi Lbs. 2016. Pengungkapan CSR bidang Pendidikan dalam laporan tahunan BUS di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam. Vol 4 No.1. STEI SEBI.
Hackston, D. dan Milne, M. J. 1996. Some Determinants Of Social And Enviromental Disclosures In New Zealand Companies. Accounting, Auditing and AccountabilityJournal, Vol. 9. No. 1. Pp, 77-107.
Ikatan Bankir Indonesia. 2014. Memahami Bisnis Bank Syariah. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
Kasmir. 2011. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Maali, Bassam dkk. 2006. “Social Reporting by Islamic Bankâ€. ABACUS Vol. 42, No.2. Australia: The University of Sydney.
Mansur, Syuhada. 2012. Pelaporan Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah Dalam Perspektif Syariah Enterprise Theory (Studi Kasus Pada Laporan Tahunan Pt Bank Syariah Mandiri).Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam, Vol. 2, No. 2. ISSN: 2088-6365
Maryama, Siti. 2013. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dalam Perspektif Regulasi (Studi Kasus pada Indonesia, Belanda, dan Kanada). Jurnal Liquidity. Vol 2 No.2
Meutia, Inten. 2010. Menata Pengungkapan CSR di Bank Islam (Suatu Pendekatan Kritis). Jakarta: Citra Pustaka Indonesia
Muhammad. 2015. Managemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers
Mulyanita, Sugesty. 2009. Pengaruh Biaya Tangung Jawab Sosial Perusahaanterhadap Kinerja Perusahaan Perbankan. Skripsi. Lampung: Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.
Munawir, S. 2002. Akuntansi Keuangan dan Manajemen, Edisi Pertama, Cetakan I, Yogyakarta: BPFE. Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.
Nur, Marzully dan Priantinah, Denies. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Berkategori High Profile Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal, Volume I, Nomor I, Tahun 2012.
Permatasari, Hesti Dyah. 2014. Pengaruh Leverage, Tipe Industri, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility (Csr). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semaran.
Purnasiwi, Jayanti. 2011. Analisis Pengatuh Size, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Pengungkapan CSR pada Perusahan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Puspaningrum, Yustisia. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Rawi dan Muchlish, Munawar. 2010. Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusi, Leverage Dan Corporate Social Responsibility. SimposiumNasional Akuntansi XIII, Purwokerto.
Rindawati, Meita Wahyu dan Nur Fadjrih Asyik. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Publik terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol 4 No. 6.
Sembiring, Eddy Rismanda. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan ysng Tercatat di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi VII. Solo.
Sriayu, Gusti Ayu Putu Wiwik., dan Nimba, Ni Putu Sri Harta. 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. ISSN: 2302-8556 , E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5.2 (2013) : 326-344.
Sri, ribut dan Ari Dewi Cahyati. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perbankan Syariah. JRAK Vol. 5 No. 2. Agustus:74-87.
Subramanyam, K.R dan John J. Wild. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suharto, Edi.2010. CSR & Comdev. Bandung:Alfabeta.
Tim Teknis Pembangunan Sanitasi. 2010. Buku Panduan Tanggung Jawab Sosial Peusahaan (Corporate Social Responsibility-CSR).
Trisnawati, Rina. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Industri Perbankan Di Indonesia. Seminar Nasional dan Call for Paper. FEB-UMS, 25 Juni 2014.
Undang-Undang No.40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.
Widiawati, S., & Raharja, S. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan yang Terdapat pada Daftar Efek Syariah Tahun 2009-2011. Diponegoro Journal Of Accounting , 1-15.
Wijaya, Maria. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol 1 No 1 Januari.
___________. 2017. Laporan Keuangan dan Tahunan. 31 Desember 2016. www.ojk.go.id