Pengaruh Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Jamaah dalam Memilih PPIU
DOI:
https://doi.org/10.22515/jmd.v1i1.7517Keywords:
Faktor pribadi, keputusan jamaah, PPIUAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan jamaah dalam memilih PPIU. Faktor pribadi menjadi variabel independen, sedangkan keputusan jamaah menjadi variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data penelitian berasal dari kuesioner yang disebarkan kepada jamaah Hajar Aswad tahun 2018 dan 2019. Pengolahan dan analisis data menggunakan regresi linear sederhana melalui SPSS 25. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 reponden yang dilakukan dengan teknik insidental sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pribadi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan jamaah dalam memilih PPIU.
Downloads
References
Andespa, R. (2017). Pengaruh Faktor Pribadi Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah. Jurnal Mahasiswa Lembaga Keuangan Dan Perbankan. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2, 197.
Izzati, F. (2017). Pengaruh Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Travel Haji Dan Umrah (Studi Kasus Masyarakat Kelurahan Indralayamulya Kabupaten Ogan ilir ). UIN Raden Fatah Palembang.
Marwijon, D. (2017). Pengaruh Faktor Pribadi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Layanan Umroh Pada Pt Grand Darussalam Medan. Universitas Sumatera Utara.
Muslimah, H., Yurisman, & Zulvianti, N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Jamaah Dalam Memilih Al-Azhar Islamic Tour Sumatera Barat Sebagai Biro Perjalanan Haji Dan Umrah. Jurnal Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 4, 26.
Noviasari, H., & Ikram, M. A. (2013). Pengaruh Faktor Sosial Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Dslr Canon Di Kota Pekanbaru. Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 9, 259.
Nugroho, B. A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS (F. S. Suyantoro (Ed.); 1st ed.). CV. ANDI OFFSET (Penerbit ANDI).
Pemerintah Indonesia. (2019). Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh. 004251, 83.
Perdani, A. S. (2019). Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Konsumen Yamaha Mio Di Trenggalek. Jurnal Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang, 4.
Setiadi, N. (2019). PERILAKU KONSUMEN : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (3rd ed.). PRENADAMEDIA GROUP.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawarmi (Ed.); 1st ed.). Alfabeta.
Utami, I. (2017a). Perilaku Konsumen Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. CV PUSTAKA BENGAWAN.
Utami, I. (2017b). Perilaku Konsumen Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Tim (Ed.); 1st ed.). CV PUSTAKA BENGAWAN.
Zahro, R. R., & Fanani, S. (2019). Analisis Theory Of Planned Behaviour Dan Pengetahuan Terhadap Niat Berinfaq Jamaah Majelis Taklim Kecamatan Sukomanunggal Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan Universitas Airlangga, 6(6), 1211.