Strategi Pelayanan Ibadah Umrah Terhadap Jemaah Disabilitas
DOI:
https://doi.org/10.22515/jmd.v1i1.7520Keywords:
Strategi, Pelayanan, Umrah, Jemaah DisabilitasAbstract
Ibadah umrah merupakan ibadah yang bukan hanya memerlukan kemampuan secara finansial namun lebih kepada kemampuan secara fisik, karena dalam pelaksanaannya membutuhkan kekuatan fisik yang maksimal dengan dihadapkan dengan situasi daerah yang panas serta ekstrim, terlebih bagi jamaah disabilitas yang membutuhkan pelayanan khusus dalam menjalankan ibadah umrah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pelayanan yang diberikan oleh PT. Hajar Aswad Mubaraq terhadap jemaah umrah disabilitas. Metode penelitian menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, bahwa PT. Hajar Aswad Mubaraq memberikan pelayanan kepada jemaah umrah disabilitas, dapat dilihat dari strategi pelayanan yang diterapkan biro baik mulai dari penyambutan para jemaah. Hingga memprioritaskan jemaah disabilitas baik ketika prosesi manasik di tanah air maupun ketika dalam melaksanakan ibadah di Tanah Suci serta tidak membeda-bedakan jemaah disabilitas dengan jemaah normal lainnya.
Downloads
References
Ahzami, H., & Purnamasari, Y. (2022). Rukhshah Bagi Penyandang Disabilitas Dalam Menjalankan Syariat Islam Perspektif Q.S. Al-Fath: 17.
Ashar, D., Ashila, B. I., & Pramesa, G. N. (2019). Panduan penanganan Perkara Penyandang Disabilitas Berhdapan dengan Hukum dalam Lingkup Pengadilan.
Dani, A. A. (2018). Problematika Pengelolaan Penyelenggaraan Umrah di Kota Surakarta. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(1), 23–45. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.1903
David, F. R. (2017). Management strategies: Organisational Behaviour for Social Work, 119–126. https://doi.org/10.2307/j.ctt1t891zp.14
Dewi, S. K. (2017). Trend Wisata Umrah: Antara Meneladani Sunnah Dan Turisme Spiritual. Empirisma, 26(2), 191–206. https://doi.org/10.30762/empirisma.v26i2.691
Johari, & Arifin, J. (2019). Tuntunan Haji Umroh.pdf (p. 13).
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif.
Meilani, L. F., & Priyatna, A. R. (2021). Manajemen Pelayanan Manasik Haji Terhadap Kepuasan Calon Jamaah Haji Pada Kbih Al-Hikmah Metro Pusat. 1(1), 82–88.
Oktaviani, F., & Chonyta, D. (2021). Strategi Pelayanan Biro Haji Dan Umroh Di Pt . Nur Haramain. 1(2).
Rahim, H. A. R., & Enny Radjab. (2017). Manajemen strategi.
Sari, R. P. (2021). Metode bimbingan umroh terhadap calon jamaah tunanetra di silversilk pekanbaru skripsi. 1.
Soleha, M. (2021). Stategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan jamaah umrah disabilitas pada pt. dhiyaa el haramain el mubarakah.
Sulistiowati, W. (2018). Kualitas Layanan : Teori dan Aplikasinya.
Widayati, R., Solahudin, D., & Rahman, A. (2017). Optimalisasi Pelayanan Haji Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah. Anida, 17(2), 165–182. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/anida.v17i2.5061
Yuliar, A., & Handayani, S. (2021). Service Quality Analysis on the Satisfaction of Umrah School Participants at the Rihaal Umrah and Education Bureau. MUNAZZAMA : Journal of Islamic Management and Pilgrimage, 1(1), 11–22.
Zulkifli, Arif, M., & Hamzah, Z. (2022). Analisis Pelayanan Ibadah Umroh Pada Perusahaan Jasa. Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 62–71.