Strategi Pelayanan Ibadah Umrah Terhadap Jemaah Disabilitas

Authors

  • Herwidi Yatmo Ortega Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Juhdi Amin Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/jmd.v1i1.7520

Keywords:

Strategi, Pelayanan, Umrah, Jemaah Disabilitas

Abstract

Ibadah umrah merupakan ibadah yang bukan hanya memerlukan kemampuan secara finansial namun lebih kepada kemampuan secara fisik, karena dalam pelaksanaannya membutuhkan kekuatan fisik yang maksimal dengan dihadapkan dengan situasi daerah yang panas serta ekstrim, terlebih bagi jamaah disabilitas yang membutuhkan pelayanan khusus dalam menjalankan ibadah umrah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pelayanan yang diberikan oleh PT. Hajar Aswad Mubaraq terhadap jemaah umrah disabilitas. Metode penelitian menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, bahwa PT. Hajar Aswad Mubaraq memberikan pelayanan kepada jemaah umrah disabilitas, dapat dilihat dari strategi pelayanan yang diterapkan biro baik mulai dari penyambutan para jemaah. Hingga memprioritaskan jemaah disabilitas baik ketika prosesi manasik di tanah air maupun ketika dalam melaksanakan ibadah di Tanah Suci serta tidak membeda-bedakan jemaah disabilitas dengan jemaah normal lainnya.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Ortega, H. Y., & Amin, J. (2023). Strategi Pelayanan Ibadah Umrah Terhadap Jemaah Disabilitas. Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.22515/jmd.v1i1.7520

Citation Check