Restrukturisasi Media Dakwah: Dari Media Cetak Ke Media Sosial

Authors

  • Bobby Rachman Santoso Universitas Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
  • Ahmad Yuzki Faridian Nawafi Universitas Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
  • Nurul Kifayah Universitas Islam Negeri Tulungagung, Indonesia

Keywords:

Dakwah, Dakwah Islam, Media Massa

Abstract

Dakwah Islam menjadi suatu kegiatan komunikasi yang sudah ada sejak manusia pertama kali diturunkan ke bumi. Perkembangan media dakwah terus berlanjut. Media yang digunakan dalam kegiatan dakwah juga menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masyarakat. Media dakwah dimulai melalui ceramah langsung, melalui surat (tertulis), dan saat ini dakwah dapat dilakukan melalui media sosial tanpa harus bertatap muka langsung. Perkembangan teknologi memberikan kemudahan bagi para pendakwah (da’i) dalam menyampaikan pesan dakwah melalui berbagai media dakwah. Perkembangan teknologi tidak menggantikan media dakwah yang telah ada sebelumnya tetapi memberikan lebih banyak pilihan media dakwah yang dapat digunakan oleh para pendakwah saat ini sehingga aktivitas dakwah. Beragamnya media dakwah dapat mencapai berbagai lapisan masyarakat, mengingat masih ada kelompok yang belum mengakses teknologi. Oleh karena itu, para dai dapat memanfaatkan media tradisional dalam upaya berdakwah kepada kelompok masyarakat tersebut.

Published

2023-12-12

How to Cite

Santoso, B. R., Nawafi, A. Y. F., & Kifayah, N. (2023). Restrukturisasi Media Dakwah: Dari Media Cetak Ke Media Sosial. Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 89–98. Retrieved from https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/mada/article/view/7838

Citation Check