Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Loyalty pada Aplikasi E-Banking Bank Syariah Indonesia (BSI)

Authors

  • Ayuni Nur Habibah Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Kiptiatus Sa'diyah Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Mohammad Ilham Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Keywords:

E-Service Quality, E-Customer Loyalty, E-banking, BSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap e-customer loyalty pada aplikasi e-banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dari pengguna aktif aplikasi e-banking BSI. Pengolahan dan analisis data menggunakan regresi linear sederhana melalui SPSS 24. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden yang dilakukan dengan teknik insidental sampling. Variabel utama yang diukur melibatkan indikator e-service quality yaitu efficiency, fulfillment, system availability, privacy, responsiveness, compensation dan contact.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh secara signifikan terhadap e-customer loyalty pada aplikasi e-banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Temuan ini dapat memberikan panduan bagi BSI untuk meningkatkan aspek-aspek tertentu dalam e-service quality mereka guna memperkuat ikatan dengan nasabah. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi pada pengembangan pengelolaan layanan elektronik dalam industri perbankan syariah.

Published

2024-04-02

How to Cite

Habibah, A. N., Sa’diyah, K. ., & Ilham, M. (2024). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Loyalty pada Aplikasi E-Banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 99–112. Retrieved from https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/mada/article/view/8060

Citation Check