Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Loyalty pada Aplikasi E-Banking Bank Syariah Indonesia (BSI)
Keywords:
E-Service Quality, E-Customer Loyalty, E-banking, BSIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap e-customer loyalty pada aplikasi e-banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dari pengguna aktif aplikasi e-banking BSI. Pengolahan dan analisis data menggunakan regresi linear sederhana melalui SPSS 24. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden yang dilakukan dengan teknik insidental sampling. Variabel utama yang diukur melibatkan indikator e-service quality yaitu efficiency, fulfillment, system availability, privacy, responsiveness, compensation dan contact. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh secara signifikan terhadap e-customer loyalty pada aplikasi e-banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Temuan ini dapat memberikan panduan bagi BSI untuk meningkatkan aspek-aspek tertentu dalam e-service quality mereka guna memperkuat ikatan dengan nasabah. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi pada pengembangan pengelolaan layanan elektronik dalam industri perbankan syariah.