Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Loyalty pada Aplikasi E-Banking Bank Syariah Indonesia (BSI)

Authors

  • Ayuni Nur Habibah Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Kiptiatus Sa'diyah Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Mohammad Ilham Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/jmd.v1i2.8060

Keywords:

E-Service Quality, E-Customer Loyalty, E-banking, BSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap e-customer loyalty pada aplikasi e-banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dari pengguna aktif aplikasi e-banking BSI. Pengolahan dan analisis data menggunakan regresi linear sederhana melalui SPSS 24. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden yang dilakukan dengan teknik insidental sampling. Variabel utama yang diukur melibatkan indikator e-service quality yaitu efficiency, fulfillment, system availability, privacy, responsiveness, compensation dan contact.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh secara signifikan terhadap e-customer loyalty pada aplikasi e-banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Temuan ini dapat memberikan panduan bagi BSI untuk meningkatkan aspek-aspek tertentu dalam e-service quality mereka guna memperkuat ikatan dengan nasabah. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi pada pengembangan pengelolaan layanan elektronik dalam industri perbankan syariah.

References

Andrayani, Kristi Fiki, and Nihayatu Aslamatis Solekah. 2021. Determinasi Kepuasan Nasabah Elektronic Mobile Banking Bank Syariah Indonesia (Pendekatan E Service Quality). In Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB), 2:404–13.

Bancin, Intan Wulan Dari, and Nurul Jannah. 2022. Analisis Minat Nasabah Pada Penggunaan Aplikasi BSI Mobile Dalam Pembayaran E-Commerce: Studi Kasus Pada Mahasiswa UINSU. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen 2 (2): 1487–99.

Fahrezi, Arbi, and Mahir Pradana. 2021. Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Loyalty Pada Aplikasi E-Banking Bank Syariah Indonesia (Bsi) Mobile Melalui E-Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. EProceedings of Management 8 (6).

Halomoan, Thomas Novendri, and Nuslih Jamiat. 2022. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce Lazada Di Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce Lazada. E-Proceeding of Management 9 (1): 18–23.

Masitoh, Martina Rahmawati, Hermansyah Andi Wibowo, and Khairul Ikhsan. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee. Sains Manajemen 5 (1): 101–19. https://doi.org/10.30656/sm.v5i1.1515.

Mulyadi Saputra, Doddy, and Yuma Akbar. 2018. Analisis Pengaruh E-Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Yang Berdampak Pada Customer Loyalty PT Bayu Buana Travel Tbk Stikom Cipta Karya Informatika. Selection and Peer-Review under Responsibility of The 11th STIKOM CKI on SPOT. CKI On SPOT 11 (2): 199–206.

Sugiarti, Dian, and Any Meilani. 2023. Customer Satisfaction In Using Mobile Services Bank Syariah IndonesiA. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance 6 (2): 518–29.

Warsito, Windry Setyaning. 2018. Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sedaya Cabang Dago Bandung. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen 2 (2): 225–32.

Yusuf, Ramayani, Heny Hendawati, and Lili Adi Wibowo. 2020. Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial 1 (2): 506–15. https://doi.org/10.38035/JMPIS.

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

Habibah, A. N., Sa’diyah, K. ., & Ilham, M. (2024). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Loyalty pada Aplikasi E-Banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 99–112. https://doi.org/10.22515/jmd.v1i2.8060

Citation Check