Pengaruh Citra Merek dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus di Ali Mart Pondok Pesantren Bumi Sholawat)
DOI:
https://doi.org/10.22515/jmd.v2i1.8398Keywords:
Citra Merek, Variasi Produk, Keputusan Pembelian KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi Kasus di Ali Mart Pondok Pesantren Bumi Sholawat). Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa siswa, guru, dan karyawan di Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo yang membeli produk di Ali Mart pada bulan November tahun 2023 yang berjumlah 100 orang. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 78 orang, dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, probability plot, kolmogorov smirnov, dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, serta citra merek dan variasi produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Ali Mart Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo.
Downloads
References
Amalia, Nur. 2019. “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan).” Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis 6(2): 96–104.
Camelia, M., & Hartono, B. 2021. “Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bs Coffee & Donuts).” Competence : Journal of Management Studies 15(2): 186–203
Emor, Rizky Y. S., & Soegoto, A. S. 2015. “Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek, Dan Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3(2): 738–48.
Hidayat, T., & Mahriani, E. 2020. “Analisis Hubungan Antara Tendensi Internet Addiction Disorder Dengan Customer Behavior (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Antasari).” At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi 11(2): 151.
Indiani, Ni Luh Putu. 2022. “Peran Lokasi, Variasi Produk, Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis 7(2): 158–65.
Irawan, P. R., Abdillah, & Taryanto. 2022. “Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Home Industry Sandal Kulit Kandangwesi Collection Garut.” Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis 3(2): 61.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2008. Erlangga Manajemen Pemasaran. Jakarta.
Krismonanda, F., & Iskandar. 2021. “Pengaruh Variasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Susu Setia Di Tenggarong.” Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia 21(2): 36–48.
Lestari, Budi, & Novitaningtyas, Ivo. 2021. “Pengaruh Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang.” Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM 2(3): 150–59.
Loi, F., Duha, T., & Bu'ulolo, P. 2021. "Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Beras Merek 888 di UD. Sofia Kecamatan Toma." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan Vol 4 No 1
Mauludin, M. S., Saputra, A. D., Sari, A. Z., Munawaroh, I., & Regita, E. P. 2022. “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di E-Commerce.” Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy 1(1). https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings.
Melda, E. A., & Yulinda, A. T. 2020. “Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian.” (JEMS) Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains 1(2): 143–49.
Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. 2019. “Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor.” JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) 5(1): 1–14.
Purwati, A. A., Siahaan, J. J., & Hamzah, Z. 2019. “Analisis Pengaruh Iklan, Harga Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Rumah Mebel Pekanbaru.” Jurnal Ekonomi KIAT 30(1): 20.
R, Sivaramakrishnan, et al. 2006. “0 =422.” Carbon: 2006–2006.
Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu.” Performa 5(1): 63–71.
Sunarsih & Ernawati, S. 2023. “Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Teh Indonesia Cabang Bima.” Jurnal Cahaya Mandalika 4(3): 177–84.
Susanti, T., & Susanti, D. N. 2021. “Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah (Studi Pada Konsumen Pengguna Lipstik Wardah Di Kabupaten Kebumen).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen 3(6): 2021. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index.
Vigit, B. P. 2021. “Pengaruh Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Allyamart Grosir Dan Eceran Buntu Banyumas).” Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: 1–74. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/9137.