Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Perbankan Syariah Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22515/jmd.v2i1.8402Keywords:
Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, PerbankanAbstract
Penelitian ini mengkaji perilaku konsumen dalam pemilihan produk perbankan syariah di Indonesia. Faktor- faktor seperti tingkat religiusitas, kepercayaan, sikap, dan persepsi masyarakat berpengaruh besar terhadap minat konsumen. Penghambat seperti kurangnya kesadaran, efektivitas sosialisasi, dan tekanan pengaruh materi juga memengaruhi keputusan konsumen. Proses pengambilan keputusan melibatkan faktor eksternal dan internal, termasuk kepercayaan, pengetahuan, lokasi bank, biaya, dan kepuasan. Peningkatan edukasi masyarakat tentang perbankan syariah penting untuk meningkatkan minat mereka. Penelitian ini memberikan wawasan tentang faktor- faktor yang memengaruhi perilaku konsumen untuk memilih produk perbankan syariah di Indonesia.
Downloads
References
Amalia Yunia Rahmawati. 2020. “Analisis Penggunaan Mobile Banking dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Nasabah Bank Syariah.” Journal Islamic Economic and Finance 4(July):1–23.
Fian, Junai Al, dan Tri Yuniati. 2016. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(6):1–18.
Firman, Rachmad Nor. 2017. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Jasa Pelayanan Bank Syari’Ah Atau Bank Konvensional Di Pasuruan.” Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami 4(1).
Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deep Publish.
Hamid, Abdul. 2018. “Teori Konsumsi Islam Dalam Peningkatan Ekonomi Umat.” Jurnal Visioner & Strategis 7(September).
Kartikasari, Didin, Zainul Arifin, dan Kadarisman Hidayat. 2013. “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Penelitian Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Mengkonsumsi Produk Mie Instan Merek Indomie).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 3(2):74110.
Kasmir. 2003. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kurniati. 2016. “Teori Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam.” JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 6(1):45–52.
Masrifah, Putri, dan Nurul Jannah. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Kebutuhan dan Peluang Masyarakat Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Sibolga.” Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen 2(2):1509–33.
Musafiri, M. Rizqon Al. 2017. “Analisis Persepsi Dan Sikap Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pemilihan Tabungan Berbasis Syariah di Iaida Blokagung Tegalsari Banyuwangi.” Jurnal Istiqro 5(2):88–104.
Prigunanto, Ilham. 2016. “Identifikasi Pemilihan Konsumen Kartu Kredit Di Indonesia.” Journal of Strategic Communication 7(2).
Resti, Erinda, Havis Aravik, dan Choirunnisak Choirunnisak. 2021. “Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri KCP Palembang KM 6).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) 1 (2): 135-144. Doi: 10.36908/jimpa.vli2.31.
Saputra, Alvin Handrianto, Rinda Hesti Kusumaningtyas, dan Nita Alfiani. 2017. “Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Konsumen Dalam Memilih Produk Perbankan (Studi Kasus : Mahasiswa Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).” Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi 10(1):21–28.
Siringoringo, Hotniar. 2013. “Peran Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen.” Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Konsumen 2(1):162–171.
Sulasih, Sulasih, Rifqo Yatul Ulya, dan Weni Novandari. 2022. “Identifikasi Minat Memilih Produk Bank Syariah Melalui Peran Gaya Hidup, Religiusitas Dan Literasi Keuangan Syariah.” Al-Mal: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam 3(2):233–52. doi: 10.24042/al-mal.v3i2.11907.
Sultoni, Hasan, dan Ahmad Basuki. 2020. “Bank syariah di Dunia Internasional.” Jurnal Eksyar 07(02):35–51.
Sunarto. 2006. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: AMUS Yogyakarta. Supatmi, Mamik Eko, Umar Nimram, dan Hamidah Nayati Utami. 2012.
“Pengaruh Pelatihan, Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Karyawan.” Jurnal Profit 7(1):25–37.
Susanto, Nanda Mutiara Hanum, dan Ratna Dewi Setyowati. 2023. “Analisis Minat Nasabah Dalam Memilih Tabungan Wadiah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Soetta Ponorogo.” Jurnal Perbankan Syariah 7(1):1–20. doi: 10.30762/wadiah.v7i1.297.
Syahputri, Rindi Nabila, dan Ahmad Perdana Indra. 2023. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menggunakan BSI Mobile Pada Bank Syariah Indonesia KC Medan Ahmad Yani.” Journal Economic Excellence Ibnu Sina 1(4).
Waldelmi, Idel. 2017. “Perilaku Konsumen Memilih Produk Perbankan Syariah Pekanbaru.” Jurnal Daya Saing 3(3):234–44. doi: 10.35446/dayasaing.v3i3.110.
Wirapradnyana, Gede Adi. 2013. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Keputusan Konsumen Menjadi Nasabah Bank Syariah.” Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 1(1):96–105. doi: 10.23887/ekuitas.v1i1.12765.
Zakiah, Selviana. 2022. “Teori Konsumsi Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam 2(2):180. doi: 10.35194/eeki.v2i2.2515.
Zein, Aliman Syahuri. 2018. “Analisis Perilaku Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Di Kabupaten Mandailing Natal.” At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam 4(2):222. doi: 10.24952/tijaroh.v4i2.1100.