Analisis Pesan Dakwah Pada Akun Media Sosial Instagram @gayengco

Authors

  • Mochamad Ridwan Septianto Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Muhammad Saidun Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Juhdi Amin Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/jmd.v2i2.8956

Keywords:

K.H Hasyim Asy’ari, Manajemen Dakwah, Strategi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya penggunaan media sosial oleh para da'i untuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan mereka, yang dicontohkan oleh sebuah akun bernama Santri Gayeng (@gayengco). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan dakwah dalam unggahan akun @gayengco selama periode Agustus hingga Oktober 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pesan dakwah yang terdapat dalam akun Instagram @gayengco dapat dikategorikan ke dalam 7 pesan akidah, 9 pesan hukum Islam, dan 7 pesan akhlak. Dalam kategori pesan akidah, topik-topik yang ada di dalamnya antara lain adalah tauhid dan nubuwat. Dalam kategori pesan hukum Islam, topik-topiknya meliputi ibadah seperti haji, shalawat, dzikir, dan shalat tahajud, serta transaksi mengenai negara Islam, barter, dan menuntut ilmu. Sementara itu, dalam kategori pesan akhlak, meliputi akhlak kepada Allah dan akhlak kepada manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yun, L. Q. (2023). Mediatisasi Ajaran Islam di Media Sosial Akun @Ngajigusbaha Tentang Mudahnya Ajaran Islam. Manajemen Dan Pendidikan Islam, 3(3), 168.

Amin, S. M. (2013). Ilmu Dakwah (Cetakan 2). Jakarta: Amzah.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Aulia, A. (2020). Analisis Pesan Dakwah Dzatiyah Pada Caption Instagram Ustadzah Halimah Alaydrus. Skipsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ayu Asnaini Burhanuddin. (2020). Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Media Sosial Instagram dalam Akun Kartun Muslimah. Skripsi, Progam Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAIN Parepare, Parepare.

Ilaihi, W. (2013). Komunikasi Dakwah (Cetakan 2). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Miftah. (2022). Desain Komunikasi Visual Dakwah Pada Instagram @ gayengco ( Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure ). Skripsi, Progam Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus, Kudus.

Mujahid, A. F., & Arief, F. (2022). Analisis Isi Pesan Dakwah yang Terkandung dalam Akun Instagram @ Shiftmedia . Id. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 105–110.

Muzzamil, F. (2021). Moderasi Dakwah Di Era Disrupsi ( Studi tentang Dakwah Moderat di Youtube ). Jurnal Diklat Keagamaan, 15(2), 109–129.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, h. 7.

Nurazizah, I. S., & Kurniati, N. (2022). Analisis Isi Pesan Dakwah pada Akun Instagram @ Iqomic Januari – Maret 2021. 43–50.

S, A. Y., Harahap, N., Abidil, S., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Analisis Pesan Dakwah Syafiq Riza Basalamah Di Media Sosial Instagram. 2(4), 1327–1336.

Santri Gayeng (@gayengco). (2023). Profil Instagram Santri Gayeng (@gayengco), diakses 15 Oktober 2023, dari https://www.instagram.com/gayengco/?igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (Ed.); Ed. 2. Cet). Bandung: Alfabeta.

Tanjaya, N. (2022). Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Eksistensi Diri Bagi Generasi Z di DKI Jakarta. KALBISIANA : Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 8(3), 2917–2924.

Tasmara, T. (1997). Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media, h. 9.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Septianto, M. R., Saidun, M., & Amin, J. (2024). Analisis Pesan Dakwah Pada Akun Media Sosial Instagram @gayengco. Jurnal Manajemen Dakwah, 2(2), 93–120. https://doi.org/10.22515/jmd.v2i2.8956

Citation Check