https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/mada/issue/feed Jurnal Manajemen Dakwah 2024-12-30T10:25:10+07:00 Ade Yuliar [email protected] Open Journal Systems <p>Jurnal Manajemen Dakwah is a biannually journal published by Faculty of Ushuluddin and Dakwah UIN Raden Mas Said in cooperation with Perkumpulan Ahli Manajemen Dakwah (PAMDI). This journal exists as a means of publishing works with a focus in the field of da'wah management. The scope of the journal includes dakwah management, da'wah strategies, da'wah administration, Hajj and Umrah management, zakat management, donations and alms, and Islamic Financial Management, e-ISSN:<a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/3047-5953">3047-5953</a>.</p> <p>Every received article should follow Author guideline. Any submitted paper will be reviewed by reviewers. Review process employs with double blind Review that the reviewer does not know the identity of the author, and the author does not know the identity of the reviewers.</p> https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/mada/article/view/8956 Analisis Pesan Dakwah Pada Akun Media Sosial Instagram @gayengco 2024-05-01T12:09:48+07:00 Mochamad Ridwan Septianto [email protected] Muhammad Saidun [email protected] Juhdi Amin [email protected] <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya penggunaan media sosial oleh para da'i untuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan mereka, yang dicontohkan oleh sebuah akun bernama Santri Gayeng (@gayengco). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan dakwah dalam unggahan akun @gayengco selama periode Agustus hingga Oktober 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pesan dakwah yang terdapat dalam akun Instagram @gayengco dapat dikategorikan ke dalam 7 pesan akidah, 9 pesan hukum Islam, dan 7 pesan akhlak. Dalam kategori pesan akidah, topik-topik yang ada di dalamnya antara lain adalah tauhid dan nubuwat. Dalam kategori pesan hukum Islam, topik-topiknya meliputi ibadah seperti haji, shalawat, dzikir, dan shalat tahajud, serta transaksi mengenai negara Islam, barter, dan menuntut ilmu. Sementara itu, dalam kategori pesan akhlak, meliputi akhlak kepada Allah dan akhlak kepada manusia.</p> 2024-12-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/mada/article/view/10044 Pemikiran Manajemen Dakwah K.H Hasyim Asy’ari 2024-10-12T10:48:19+07:00 Nurul Fadilah [email protected] Muhammad Yudha Ardiansyah [email protected] <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan manajemen dakwah, strategi dan impelementasi dakwah; serta tantangan dan solusi dakwah K.H Hasyim Asy’ari. Metode penelitian yang diigunakan adalah metode <em>library research</em>. Hasil penelitian menunjukkan penerapan manajemen dakwah melalui empat fungsi: perencanaan: mengidentifikasi budaya, sosial, kebutuhan masyarakat; pengorganisasian: membentuk struktur organisasi, melibatkan anggota,berkolaborasi; penggerakan: melaksanakan pengajian, ceramah, kegiatan sosial, dan pendidikan; pengendalian: memastikan semua kegiatan dakwah sesuai rencana. Kemudian strategi dakwah dan implementasi adalah mendirikan pondok pesantren, organisasi keagamaan NU, dakwah atau berceramah dan menulis karya aktif dalam pergerakan melawan penjajah. Tantangan yang dihadapi dalam dakwahnya meliputi pengaruh kolonialisme, sekularisasi, perbedaan pemahaman agama, sumber daya terbatas, resistensi sosial, tantangan pendidikan, komunikasi dan akses informasi, meningkatnya radikalisasi, serta dinamika politik. Sebagai solusi, beliau menekankan pendidikan terintegrasi, dialog dan komunikasi, pemberdayaan masyarakat, penciptaan karya tulis, pembentukan jaringan ulama, adaptasi terhadap perubahan zaman, kegiatan sosial dan kemanusiaan, serta pendidikan toleransi.</p> 2024-12-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/mada/article/view/9868 Pembinaan Mustahiq Program Mandiri Ekonomi LAZ Sukses Depok 2024-08-31T23:53:38+07:00 Difa Baladissalam Murodhi [email protected] Muhamad Zen [email protected] <p>Pembinaan Mustahiq adalah suatu proses yang membantu mustahiq melalui usaha sendiri dalam rangka menemukan dan mengembangkan kemampuannya agar dia memperoleh kebahagiaan pribadi dan kemanfaatan sosial. Adanya pembinaan agar ketika diberi modal, mustahik bisa memaksimalkan dan mengembangkannya agar bisa meningkatkan ekonominya. Penelitian ini memiliki tujuan yang spesifik yakni untuk menganalisis pembinaan mustahik LAZ Zakat Sukses menggunakan pendekatan informative, partisipatif dan eksperiansial dan menganalisis manfaat yang diterima mustahik. Penelitian ini menggunakan kualitatif deksriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkaan pembinaan yang dilakukan cukup baik jika dilihat dari alur pembinaan mulai dari informatif, partisipatif dan eksperensial. Kemudian manfaat yang diterima oleh mustahik juga sudah berjalan sebagaimana sebagaimana yang diharapkan. Mulai dari bertambahnya ilmu, meningkatnya usaha sampai meningkatnya spiritualitas mustahik.</p> 2024-12-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/mada/article/view/9981 Implementasi Manajemen Zakat Produktif pada Program Coffee Difabis di BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta 2024-09-26T10:21:12+07:00 Elvara Nuzulla [email protected] <p>Implementasi manajemen zakat produktif merupakan bentuk solusi dalam pemberdayaan ekonomi umat yang diimplementasikan oleh BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta melalui program Coffee Difabis. Namun, implementasi program ini menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya persiapan pada perencanaan, keterbatasan sumber daya hingga kurangnya sistem pengawasan dan evaluasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen zakat produktif pada program Coffee Difabis. Metodologi penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah Penelitian ini menunjukkan bahwa BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta sudah melakukan implementasi manajemen zakat produktif pada program Coffee Difabis melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan menghadapi sejumlah tantangan, namun juga menawarkan peluang untuk peningkatan yang signifikan.</p> 2024-12-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/mada/article/view/10445 Pengelolaan Dana Infak dalam Memakmurkan Kegiatan Keagamaan di Masjid Baitul Muttaqien Desa Mangunsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung 2024-12-10T16:17:32+07:00 Ahmad Luthfan Alghiffary [email protected] Widayati Lestari [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan: pertama, mengetahui sumber dana keuangan di Masjid Baitul Muttaqien Desa Mangunsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Kedua, mengetahui pengelolaan dana dalam memakmurkan kegiatan keagamaan di Masjid Baitul Muttaqien Desa Mangunsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Metode penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, bahwa sumber keuangan di Masjid Baitul Muttaqien bersumber dari zakat, infak dan sedekah jamaah masjid. Salah satu yang paling dominan perolehan yaitu bersumber dari dana infak. Jumlah perolehan infak di masjid Baitul Muttaqein setiap minggunya kurang lebih mencapai Rp.1.000.000,00. Kedua, dalam pengelolaan dana untuk memakmurkan kegiatan keagamaan di Masjid Baitul Muttaqien, Desa Mangunsari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, telah diterapkan secara efektif dengan mengikuti empat fungsi pengelolaan POAC.</p> 2024-12-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah