##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Islamic value  marketing dalam Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Onlineshop Nellcodoxshop Solo).


Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Nellcodoxshop Solo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling: purposive sampling, pengambilan sampel di ambil dari konsumen Nellcodoxshop yang sudah melakukan pembelian dengan total sampel 112 responden. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS fro Windows Release 20.0.


Variabel dependen (Y) dari penelitian ini adalah Keputusan Pembelian. Variabel independen (X) dari penelitian ini adalah Viral Marketing dan variabel moderasi (Z) dari penelitian ini adalah Islamic value  marketing. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk analisis data dengan menggunakan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Viral Marketing berpengaruh  terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen Nellcodoxshop. (2) Islamic value  marketing mampu memoderasi hubungan antara Viral Marketing dan keputusan pembelian pada konsumen Nellcodoxahop

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Andini, N. P. (2014). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram ), 11(1), 1–6.
  2. Amrin, Abdullah. (2007). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: PT. Gramedia, h. 1
  3. Ardyanto, D., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online ( Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com ), 22(1), 1–8.
  4. Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20 (edisi keenam). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  5. Ghozali, Imam. (2013). Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21 edisi ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  6. Helm, S. (2000). Viral Marketing-Establishing Customer Relathionship by ‘Word of Mouse’. Electronic. Markets.
  7. Kartajaya, Hermawan dan Sula, Muh. S, (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan.
  8. Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Index.
  9. Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. (2008). Manajemen Pemasaran (Ed. 12. Jilid 2). Jakarta: PT. Index.
  10. Lameshow, Stanley., 1997, Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan, Gadjah Mada University, Yogyakata.
  11. Ristania, N., & Justianto, J. S. (2012). Analisa Pengaruh Harga, Promosi dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada “Online Shop” S-Nexian Melalui Facebook. Journal of Business Strategy and Execution, 5(2), 131–161.
  12. Sholikah. (2012). Viral Marketing Ditinjau Dalam Prespektif Hukum Islam.
  13. Skrob, John R. (2005). Open Source and Viral Marketing (The Viral Marketing Concept as a Model For Open Source Soaftware to Reach the Critikal Mass for Global Brand Awareness based on the Example of TYPHO3). University of Applied Science Kufstein, Austria.
  14. Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, XIII(2), 140–146.
  15. Sulistyo, P. B., Sudaryanto, & Subagio, A. (2015). Analisis Pengaruh Viral Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness dan Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Twitter @ Jemberbanget). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1–6.
  16. Swastha, Basu dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
  17. Tamamudin. (2014). Merefleksikan Teori Pemasaram ke dalam Praktik Pemasaran Syariah, 12, 273–285.