##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh determinan goal-setting yang didimensikan dalam komitmen organisasi, disiplin kerja, dan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja pegawai pengelola keuangan pada SKPD di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu kuesioner dengan 54 responden yang diperoleh dari SKPD di Kota Makassar. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen organisasi, disiplin kerja, sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap Kinerja Pegawai Pengelolaan Keuangan SKPD di Kota Makassar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Allen N.J and Meyer J.P. 1990. Measurement of Antecendents of Affective, Continuance and Normative Commitment to Organizational. Journal of Occupational Psychology.
  2. Alwi, S. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Keunggulan Kompetitif. BPFE, Yogyakarta.
  3. Ardhana, I Wayan. 2000. Penelitian Pendidikan. Malang: Departemen Pendidikan Nasional UNM. Fakultas Ilmu Pendidikan
  4. Aritonang, Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan, Pengukuran dan Penganalisisan Dengan SPSS. Jakarta.: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  5. Astuti, M. T. 2008. Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individu (Penelitian pada SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Malang). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Brawijaya. Malang
  6. Baridwan, Z. 2004. Intermediate Accounting. BPE, Yogyakarta.
  7. Davis, K dan Newsstorm, J.W. 2009. Perilaku dalam Organisasi. Jakarta:Penerbit Erlangga.
  8. Indralesmana, K.W. 2014. Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individu Pada Usaha Kecil dan Menengah, Nusa Penida.
  9. Locke, E.A. 1968. Toward a Theory of Task Motivation and Incentives: Organizational Setting in Organisations. Academy of Management Journal, 824-845.
  10. Marifah, Dewi. 2005. Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pekerja Sosial pada Unit Pelaksanaan Dinas Sosial Propinsi Jaawa Timur. Jurnal Manajemen Bisnis, Universitas Airlangga.
  11. Prasetyono, D.S. 2005. ASI Eksklusif Pengenalan, Praktik dan kemanfaatan-kemanfaatannya. Yogyakartya: Diva Press.
  12. Putri, N.D. 2010. Pengaruh Komitmen Organisasional dan Peran Manajer Pengelola Keuangan Daerah terhadap Kinerja Manajerial Satuan Kerja Perangkat Daerah Studi pada Kabupaten Tegal. Universitas diponegoro. Semarang.
  13. Robbins, Stephen P. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi 98 Jilid 1. Jakarta: PT. Prehallindo.
  14. Roomney, Marshall B. dan P.J Steinbart. 2004. Sistem Informasi Akuntans,i Edisi Kesembilan. Jakarta:Salemba Empat.
  15. Setiyawan, Budi dan Waridin. 2006. Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Di Divisi Radiologi RSUP Dokter Kariadi Semarang. JRBI, 2(2):181-198.
  16. Suryandi. 2011. Promosi Efektif Menggugah Minat dan Loyalotas Pelanggan. Jakarta : PT. Suka Buku.
  17. Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Jakarta : Kencana.
  18. Timboleng, S, dan J. S.B Sumarauw. 2015. Etos Kerja, Disiplin Kerja dan Komitmen Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Hasrat Abadi Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 3(2):1051-1060.