Optimalisasi Kearifan Lokal Madura sebagai Media Pembelajaran Monopoli: Pengabdian Masyarakat di SDN Gili Anyar
Main Article Content
Farah Lailatul Nur Alifiyah
Ainunnuril Amelia
Lailatul Safitri
Khairu Mustati’ah
Alvira Eka Rahel Guivara
Reynafi Arini Putri
Pulau Madura merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan keunikan tradisi dan budayanya. Akan tetapi, banyaknya potensi kearifan lokal di madura tidak sebanding dengan minat generasi muda untuk mempelajari dan melestarikannya. Tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk mengoptimalkan kearifan lokal Madura sebagai media pembelajaran monopoli yang layak digunakan dalam pembelajaran. Pengabdian masyarakat dilakukan di SDN Gili Anyar pada kelas III. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pengembangan media dan pelatihan. Adapun tahapan dalam pelaksanaan pengabdian meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil pengabdian ini berupa media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal Madura yang layak dan mendapat respons sangat baik dari siswa. Media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal Madura dapat memfasilitasi siswa untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi dalam pembelajaran IPAS. Pembelajaran menggunakan monopoli berbasis kearifan lokal Madura mampu mengenalkan siswa terhadap kebudayaan dan tradisi pulau Madura, sehingga dapat menjadi strategi untuk melestarikan kearifan lokal daerah. Pengabdian ini telah mencapai tujuan untuk melatih guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan kearifan lokal Madura sebagai media pembelajaran.
Aditya, N., Putra, W., & Pribadi, A. W. (2023). Game Karapan Sapi. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi, 25–29.
Alfiana, & Fathoni, A. (2022). Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Ipa Berbasis Etnosains Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5721–5727.
Alifiyah, F. L. N. (2023). Ekstensi Local Genius Berbasis Diseminasi Pembelajaran Dalam Mengatasi Krisis Pendidikan Karakter Di Era Digital. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 3(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.17977/Um063v3i12023p1-7
Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020). Monopoly Learning Media: Education Media In Structure And Function Of Plant Tissue Theory. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 6(1), 81–87.
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas Iv Sd. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. Https://Doi.Org/10.29303/Jpm.V16i2.2446
Barsinah, Khairunnisa, Y., & Irhasyuarna, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monorikal (Monopoli Kearifan Lokal) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal On Teacher Education, 4(4), 438–448.
Darmawan, A. D., Purwati, & Andriani, D. N. (2024). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 01 Klegen Pada Mata Pelajaran Ipas Topik Pemenuhan Kebutuhan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(3), 747–758.
Dutayana, M. K., & Bustami, A. L. (2022). Tradisi Sekaten Yogyakarta Terhadap Perkembangan Pada Abad Ke-21 Dalam Teori Sosial Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4449–4461.
Fadiyah, Z. R., Amanda, S. A., Aydina, S., & Hidayah, N. (2024). Potensi Dan Tantangan Penerapan Hukum Adat Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Adat Suku Dani Di Era Modern. Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 3(11).
Fajri, H., Zaini, M., & Zikra, I. (2023). Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Monument Tsunami Kota Sigli Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Kesejarahan Siswa Sman 1 Mutiara. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 3(4), 159–174.
Fakhriyah, F., Masfuah, S., & Hilyana, F. S. (2022). Tpack Dalam Pembelajaran Ipa. Pt. Nasya Expanding Management.
Fauziah, H., Winahyu, S. E., & Untari, E. (2023). Pengembangan Media Komik Berbasis Etnosains Materi Usaha & Pelestarian Lingkungan Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(01), 88–103.
Febrianti, N., & Hipni, M. (2021). Dinamika Pengembangan Pariwisata Halal Di Madura Perspektif Sosio Legal. Kabilah: Journal Of Social Community Terakreditasi, 6(2), 1–15.
Friska, S. Y., Purwanto, K., Indonesia, U. D., & Indonesia, U. D. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together ( Nht ) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pendahuluan. Dharma Education Journal, 1(1), 40–47.
Hadi, W. P., Sari, F. P., Sugiarto, A., & Mawaddah, W. (2019). Terasi Madura : Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(1), 45–55.
Hanan, S., Ramadhania, S., Rini, A. S., Setiawan, L., Sukmawati, S., Handayani, Y. S., & Rahmatullah, A. (2024). Peran Media Pembelajaran Kreatif dalam Peningkatan Keterampilan Sains Anak Usia Dini di Kelurahan Kebonsari , Kecamatan Citangkil , Kota Cilegon. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 3(3), 76–82.
Hikmah, N., Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pintar Berbasis Permainan Edukasi Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar Nurul. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1809–1822.
Inayah, I. S. (2023). Peran Media Pembelajaran “Papan Pintar” Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2923–2936.
Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan Media Belajar Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 10–15.
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5.
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(2), 253–263.
Mustofa, R. H., Narimo, S., Syahidah, N., Dzikra, M., Istiqomah, N., Keguruan, F., & Surakarta, U. M. (2023). Media Belajar Ekonomi Berbasis Cuplikan Film Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Dan Holistik. 5(2), 125–136. Https://Doi.Org/10.23917/Bkkndik.V5i2.23147
Nafsiyah, F. (2024). Eksistensi Budaya Kerapan Sapi Sebagai Tradisi Lokal Masyarakat Madura Di Kecamatan Batu Putih Kabupaten Sumenep. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(2), 55–66.
Novitasari, V. D., Anggapuspa, M. L., Desain, J., Bahasa, F., & Surabaya, U. N. (2021). Makanan Tradisional Khas Kota Surabaya untuk Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Barik, 3(1), 111–121.
Nuraini, L. (2022). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika Kudus, 1(2).
Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 439–448.
Putra, M. R., Valen, A., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Media Monopoly Game Pada Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar Mansyur. Jurnal Basicedu Research & Learning In Elementary Education, 4(110), 1246–1256.
Rahmadani, A., Ariyanto, A., Rohmah, N. N. S., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 127–141.
Rofieq, A., Purwantini, L. D. A. R., & Asiah, S. (2024). Pelatihan Motivasi Belajar Dengan Metode Roleplay Pada Siswa Sdn Karangsegar 02 Kabupaten Bekasi. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 94–106. Https://Doi.Org/10.22515/Tranformatif.V5i1.7543
Rusmiati, E. T., Firmansyah, Y., Rohaniah, Y., Rahmaini, & Anggraini, N. (2023). Revitalisasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya Dalam Kearifan Lokal Sekolah Alam Di Sukabumi. Jurnal Abdi Moestopo, 6(1), 116–123.
Setyowati, E. (2024). Implementasi Sungkeman Hari Raya Idul Fitri Di Sekolah Dasar. Indonesia Emas Group.
Sihotang, N. (2022). Penerapan Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Prosiding Senkim: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 60–67.
Solihin, A., & Habibie, R. K. (2024). Pengaruh Integrasi Budaya Karapan Sapi Berbasis Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(8), 1466–1475.
Suaib, H. H. (2017). Suku Moi: Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dan Modal Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat. An1mage.
Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, Ii(1), 43–48.
Surono, A., & Hidayati, M. N. (2024). Peran Perguruan Tinggi Dalam Harmonisasi Kebijakan Pengelolaan Sda Berbasis Kearifan Lokal Untuk Ketahanan Nasional. National Conference On Law Studies, 6(1), 1–41.
Takdir, M., & Hosnan, M. (2021). Revitalisasi Kesenian Batik Sebagai Destinasi Wisata Berbasis Budaya Dan Agama : Peran Generasi Muda Dalam Mempromosikan Kesenian Batik Di Pamekasan Madura. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(September), 366–374.
Tarika, S., Pritasari, A. C., & Jannah, A. N. (2024). Eksplorasi Kearifan Lokal Proses Pembuatan Garam Madura Dan Integrasinya Dalam Materi Ipas Sd. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 11(1).
Yasir, M., & Hartiningsih, T. (2023). Studi Etnosains Keris Madura Dalam Pembelajaran IPA Untuk Mengembangkan Karakter Konservasi Cagar Budaya. Seminar Nasional Ipa XIII, 1–15.