Pemahaman Pola Asuh Positif bagi Anak Usia Dini
Main Article Content
Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi anak. Dalam suatu keluarga, orang tua memiliki peran yang paling besar dalam memberikan pengaruh pada aspek perkembangan anak. Setiap orang tua tentu mempunyai pola asuh terhadap anak yang berbeda-beda, seperti pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Banyak orang tua yang kurang memahami tentang pola asuh positif pada anak usia dini. Adanya kegiatan seminar parenting ini akan menambah pemahaman orang tua terhadap pola asuh yang positif terhadap anak usia dini. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah diskusi seminar parenting tentang pemahaman orang tua terhadap pola asuh positif. Seminar parenting ini dilaksanakan di KB Islam Al Hidayah Kota Langsa. Hasil dari kegiatan seminar parenting ini adalah orang tua sudah cukup memahami tentang pola asuh positif bagi anak usia dini.
Diasokawati, I., & Yaswinda. (2019). Pola Asuh Orang Tua Di Era Teknologi Digital Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 29 Padang. Journal Pendidikan Anak Bunayya, 5(2), 9–21.
Hasbi, M., & Ganesha, R. E. (2020). Pengasuhan Positif. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (pp. 1–28). Jakarta : Kemendikbud.
Kolopaking, R., Herawati, N., & Yanti, D. (2019). Modul 2: Pola Pengasuhan. In Seri Modul Anakku Sehat dan Cerdas: Panduan bagi Pendidik PAUD dalam Penerapan Konsep PAUD-HI melalui Sesi Parenting. Jakarta: Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia. http://repositori.kemdikbud.go.id/20942/1/E-Modul_02.pdf
Lestiawati, I. M. (2013). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia 6-7 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 8(2), 111–119. https://doi.org/10.21009/jiv.0802.4
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115–122.
Ngewa, H. M. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. Ya Bunayya, 1(1), 96–115.
Reswita. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Capaian Perkembangan Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72–81.
Ridwan, Utomo, H. B., Kurniawati, E., & Dwiyanti, L. (2021). PKM Pengasuhan Positif Anak Usia Dini Di Desa Kedak Kabupaten Kediri. ABIMANYU: Journal of Community, 2(1), 1–8.
Sholihah, M. (2017). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini P Ada Sisw a Kelompok B. Jurnal Pendidikan PAUD, 02(1), 24–34.
Sri Asri, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793
Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923–930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638
Sumbawa, R. O., & Karmila, M. (2021). Pola Pengasuhan Positif Orangtua Pada Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah Dimasa Pandemi Covid-19. Kiddo : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.19105/.........v1xxi1.xxxx
Veryawan, V., Tursina, A., & Hasibuan, R. H. (2021). Pemahaman orang tua terhadap kesiapan anak dalam memasuki sekolah. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 51–57. https://doi.org/10.32505/connection.v1i2.3258
Wartini, S. (2018). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Karakter Sosial Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 21. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p21-27