##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia saat ini sangat berdampak terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat termasuk sektor Pendidikan. Pandemi mengubah sistem pendidikan yang semula mayoritas dilakukan secara tatap muka, berubah menjadi daring. Bagi Sebagian sekolah yang mempunya kemampuan finansial yang tinggi, perubahan ini dianggap sebagai sesuatu yang tidak terlalu mengejutkan, karena sekolah tersebut mempunyai fasilitas yang lengkap untuk menjalankan kegiatan secara daring. Sedangkan bagi sekolah yang belum mempunyai kemampuan finansial yang kuat hal tersebut menjadi sesuatu yang baru apalagi bagi sekolah yang baru berdiri. Sekolah yang baru berdiri hendaknya mempunyai fasilitas website untuk publikasi dan sosialisasi secara daring mengingat situasi saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19. Maka kegiatan pelatihan pembuatan web profil madrasah media sosialisasi di masa pandemi Covid-19 di MTs Ma’arif Darul Hasan Polokarto mempunyai urgensi yang tinggi. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tiga langkah yaitu analisis kebutuhan, tindakan dan evaluasi. Peserta dalam pelatihan ini adalah para guru yang berjumlah 24 orang. Hasil dari pengabdian ini berupa terselenggaranya pelatihan pembuatan web profil madrasah kepada para guru di MTs Ma’arif Darul Hasan Polokarto dengan minat dan antusiasme peserta yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

Keywords

Covid-19 pembuatan website media sosialisasi

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Abdullah, M. (2018). Pengaruh Fasilitas Sekolah dan Motivasi Guru Terhadap Efektivitas Proses Mengajar di Madrasah Aliayah DDI Bontang. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 6(2), 165–175.
  2. Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
  3. Ferismayanti. (2021). Mengoptimalkan Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Jarak Jauh.
  4. Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312
  5. Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070
  6. Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19 Oktafia. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
  7. Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.
  8. Mardin, H., & Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 3(2), 78–82. https://doi.org/10.30869/jag.v3i2.652
  9. Megasari, R. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Bahana Manajemen Pendidikan, Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 636–831. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088
  10. Nento, K., & Masruri, A. (2020). Optimalisasi Penggunaan Website Sebagai Media Publikasi Informasi Sekolah SMK Koperasi Yogyakarta. JTII, 5(2), 87–98.
  11. Nurazkiyah, H., Agustin, N., Trihartini, D., Maelanajimah, I., & Unafa, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.
  12. Rahmah, Y., & Rahmah, E. (2019). Perilaku Pencarian Informasi Generasi Milenial Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa di Universitas Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 562–572.
  13. Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). the Effectiveness of Video As a Tutorial Learning Media in Muhadhoroh Subject. Akademika, 9(02), 73–80. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.1088
  14. Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta ". Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
  15. Setiati, S., Azwar, M.K., 2020. (2020). Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 53–63.
  16. Setiawan, A., & Kurniawan, E. (2021). Layanan Angkutan Penumpang Transportasi Laut di Masa Pandemi (Passenger Transportation Sea Transportation Services In Pandemy). Jurnal Jalasena Teknik Perkapalan, 2(2).
  17. Setyawan, B. (2019). Pengembangan Media Google Site Dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung. Jurnal Nusantara of Research, 6(2), 78–87.
  18. Subarkah, M. A., & Salim, A. (2021). “Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Tengah Pandemi Covid-19”. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4184
  19. Sulistiawati, A., & Azizah, N. A. H. (2019). Pemanfaatan Web-Educative sebagai Sumber Belajar Berbasis STEM. Seminar Nasional Pendidikan (SENDIKA), 3(November), 1–8.
  20. Syaban, I., Mewengkang, N. N., & Golung, A. (2018). Peranan Penggunaan Website Sebagai Media Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara. Acta Diurna …, 7(4), 1–11.
  21. Tasrif, T. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Perubahan Struktur Sosial Budaya dan Ekonomi. EduSociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, III(2), 88–109.
  22. Torrido, A. (2021). Penanganan Dampak Sosial dan Ekonomi Akibat Pandemi Covid 19 melalui Pendekatan Kewirausahaan Sosial. Jurnal PKS, 19, 77–90.
  23. Trimarsiah, Y., & Arafat, M. (2017). Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan dan Komputer AKMI Baturaja. Jurnal Ilmiah MATRIK, Vol. 19(1), 1–10.
  24. Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Hidar. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(1), 1–9.
  25. Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja, 24(1), 107–118.
  26. Wiryotinoyo, M., Budiyono, H., Akhyaruddin, Setyonegoro, A., & Priyanto. (2020). Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah. Jurnal Abdi Pendidikan, 01(1), 1–5.
  27. Yanuarita, H. A., & Haryati, S. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kondisi Sosial Budaya Di Kota Malang Dan Konsep Strategis Dalam Penanganannya. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, 2(2), 58. https://doi.org/10.24843/jiwsp.2020.v02.i02.p01