Implementasi Model Pembelajaran Kelompok untuk Mengembangkan Kemampuan Sosialisasi Anak di TK Islam Bakti 1 Tipes Surakarta

Main Article Content

Qudnia Fikhuli Affifah
Helen Sabera Adib

Keywords

Abstract

Abstract


The implementation of the group learning model in Islamic Kindergarten Type Bakti 1 took place as expected and through the steps set by the local service, however, children's socialization skills were hampered due to the development of the times and increasingly advanced technology causing children to become underprivileged. less sociable. This study uses a qualitative descriptive method, carried out in TK Islam Bakti 1 Type Surakarta in May 2021. The objects of this research are Class B teachers, principal informants, children, and student guardians. Collecting data using the methods of observation, interviews, and documentation. The result of this research is the application of the group learning model in Islamic Kindergarten Bakti Type 1 to develop children's socialization skills with learning planning, namely compiling learning tools with deliberation followed by teachers and school principals. Then carry out learning with various methods, including conversing, telling stories, and demonstrations. The last stage is assessment and evaluation with the aim of providing an overview to parents regarding the child's development during learning, so that evaluation and action are carried out.


 


Keyword : (Group Learning Model, Social Skill, Early Chilhood).


 


Abstrak


Implementasi model pembelajaran kelompok di TK Islam Bakti 1 Tipes berlangsung sesuai harapan dan melalui langkah yang ditetapkan dinas setempat, namun kemampuan sosialisasi anak menjadi terhambat dikarenakan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju menyebabkan anak kurang dalam bersosialiasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dilaksanakan di TK Islam Bakti 1 Tipes Surakarta bulan Mei 2021. Objek penelitian ini Guru Kelas B, informan Kepala Sekolah, Anak, dan Wali Murid. Menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu implementasi model pembelajaran kelompok di TK Islam Bakti 1 Tipes untuk mengembangkan kemampuan sosialisasi anak adalah dengan merencanakan pembelajaran yaitu menyusun perangkat pembelajaran dengan musyawarah di ikuti oleh guru dan kepala sekolah. Selanjutnya, melaksanakan pembelajaran dengan berbagai metode diantaranya yaitu bercakap - cakap, bercerita, dan demonstrasi. Tahap akhir dilakukan penilaian dan evaluasi dengan tujuan memberikan gambaran kepada wali murid mengenai perkembangan anak selama pembelajaran, agar dilakukan evaluasi dan tindakan.


Kata Kunci : model pembelajaran kelompok, kemampuan bersosialisasi, AUD