Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Ketidaksesuaian Label Harga Perspektif UUPK No. 8 Tahun 1999

Authors

  • Alimatus Sa'diyah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Ayu Sadewi Rahmawati Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Dian Eka Lestari Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Diva Satria Putri Dinasti Wibisono Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Gita Egis Triyani Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Ijazatul Khoiriyah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Medina Aulyan Sahara Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Murni Kasiyati Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/academica.v7i1.7410

Keywords:

Consumer Protection Law, Law No. 8 of 1999, Price Tag

Abstract

The price tag is something for the price of an item that has been printed in front of the item. Price tags function as a tool to make it easier for consumers to see the price of an item to be purchased by being able to see directly the price of the item posted on the shelf, this is useful so that consumers do not have to ask the shopkeeper again if they want to buy an item they want. This study aims to use price tags that do not match the real price in the UUPK review No. 8 of 1999. The research method uses literature study, namely trying to examine various literature such as laws and regulations, research results and other legal references. With the existence of a price tag, it will be easier for people to meet their needs. However, behind these advantages there are also disadvantages, one of which is the difference in the price listed on the shelf with the price being paid. This is detrimental to consumers because consumers do not obtain certainty of the real price of the goods they want. Because it is necessary to have a regulation to protect consumer rights where the regulations governing consumer protection have been listed in Law No. 8 of 1999. Business actors must provide definite and clear information to consumers. Consumers need to receive protection and legal certainty regarding consumer rights regulated in consumer protection laws.

References

Afrilina, M. (2019). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Labelitas Harga Pada Minimarket El John Pagar Dewa Bengkulu. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Andriasari, S., Njatrijani, R., & Turisno, B. E. (2019). Perlindungan Konsumen Terhadap Selisih Harga Pada Rak Dengan Struk Kasir Di Indomaret Semarang. Diponegoro Law Jurnal, 8(4), 2734–2749. https://doi.org/10.14710/dlj.2019.27780

Azali, N. Y. (2016). Perlindungan Konsumen Terhadap Selisih Harga Pada Label Display Dan Kasir Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Di Supermarket Pamella Dua Dan Super Indo Yogyakarta). Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga .

Az’zhara, D. N. (2019). Perlindungan Hukum Konsumen Terhadap Selisih Harga Produk Pada Label Harga Dengan Pembayaran Di Kasir Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Dan Hukum Islam. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Universitas Islam Indonesia.

Dewi, A. D. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Penggunaan Label Harga Promo Tidak Sesuai Dengan Harga Riil Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif (Studi Kasus Di Alfamart Ahmad Yani Desa Bagelen Gedongtataan Kabupaten Pesawaran). Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Fatonah, S. (2019). Kepastian Harga Pada Label Price Di Hypermart Bencoolen Indah Mall Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). IAIN Bengkulu.

Gunawan, E. W. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Yang Mengalami Perbedaan Harga Antara Label Harga Dan Kasir Swalayan Di Kabupaten Banyuwangi Berdasar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Di Indomaret Dan Alfamart Banyuwangi, Mitra Swalayan). Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi.

Hadiningrum, L. P. (2020). Metode Penelitian (Sebuah Pengantar Disiplin Keilmuan). Ahlimedia Press.

Hutagaol, N. A., Rumimpunu, F., & Baftim, F. (2023). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Perbedaan Label Harga Produk Dengan Bukti Transaksi Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999. Lex Privatum, 11(4), 1–11.

Indrianingsih, L., Saputri, E. N., & Ratnasari, R. (2021). Perlindungan Konsumen Terhadap Perbedaan Harga Rak Pada Barang Dengan Struk Kasir Di Ria Swalayan Mojosari. Jurnal Ilmu Hukum, 17(2), 128–265.

Kasmar, Sanusi, G., & Syahrullah. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Pemenuhan Hak Atas Informasi Barang Pada Minimarket Di Kota Bima. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(1), 810–818. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4821/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Khotimah, C. A., & Chairunnisa, J. C. (2016). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli-Online (E-Commerce). Business Law Review, 1, 14–20.

Khumairoh, S. (2019). Strategi Pemasangan Label Harga Buah Oleh Pedagang Kaki Lima Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam Di Kaliwates Jember. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). IAIN Jember.

Maharani, A. A. S. A. S., & Markeling, I. K. (2018). Akibat Hukum Terhadap Perbedaan Harga Barang Pada Label (Price Tag) Dan Harga Kasir. Jurnal Ilmu Hukum, 2(5), 1–15.

Masitha, D., Pesulima, T. L., & Balik, A. (2022). Perlindungan Konsumen Terkait Harga Barang Yang Tidak Sesuai Tertera Pada Etalase Dan Struk Belanja. Tatohi: Jurnal Ilmu Hukum, 1(11), 1092–1102. https://doi.org/10.47268/tatohi.v1i11.867

Nasution, A. Z. (1999). Hukum Perlindungan Konsumen: Suatu Pengantar. Daya Widya.

Novriyanti, P., & Putra, H. S. (2020). Perlindungan Hukum Konsumen Terhadap Selisih Barang Produk Pada Label Harga Dengan Pembayaran Di Kasir Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. 1–23.

Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2018 Tentang Pengawasan Barang Beredar Dan/Atau Jasa, Pub. L. No. 69 (2018).

Pratama, A. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Perbedaan Harga Display Dan Kasir Di Indomaret Dan Alfamart Kota Bandar Lampung. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Universitas Lampung.

Purwanta, I. N. G. T. P., Mahendrawati, N. L. M., & Ujianti, N. M. P. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Peredaran Barang Yang Diproduksi Tidak Sesuai Dengan Label. Jurnal Konstruksi Hukum, 2(2), 384–389. https://doi.org/10.22225/jkh.2.2.3260.384-389

Putera, A. A. N. B. K. C., & Parsa, I. W. (2020). Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Kerugian Konsumen Akibat Perbedaan Harga Barang Pada Label Dan Harga Kasir. Jurnal Kertha Semaya, 8(2), 1–17.

Putra, C. A. G., Budiartha, I. N. P., & Ujianti, N. M. P. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen dalam Perspektif Kesadaran Hukum Masyarakat. Jurnal Analogi Hukum, 5(1), 86–92.

Ramdani, Bundayanti, L., & Fatahillah, I. A. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Minimarket Yang Mengalami Kerugian Akibat Kesal . Varia Hukum: Jurnal Forum Studi Hukum Dan Kemasyarakatan, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.15575/vh.v4i2.26758

Rijadi, P. K., & Fadhilah, S. N. (2022). Mekanisme Penetapan Harga Jual Produk Dan Laba Dalam Pandangan Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Minimarket Family Bekasi). Driham: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.53990/djei.v3i1.227

Rosdiana, & Nurhalizah, C. C. (2017). Perlindungan Hukum Konsumen Terhadap Pembelian Produk Supermarket Yang Tidak Sesuai Dengan Label Harga Promosi Di Kota Balikpapan. Jurnal De Jure, 9(2), 43–54. https://doi.org/10.36277/.v9i2.25

Sampurna, W. P. (2020). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Alfamart Terhadap Harga Frisian Flag Susu UHT Full Cream Dengan Promosi. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Universitas Jember.

Sibu, A. M. (2022). Tinjauan Hukum Pidana Terhadap Produk Makanan Yang Tidak Sesuai Dengan Informasi Pada Kemasan. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Universitas Putera Batam.

Supriadi. (2018). Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam. Guepedia.

Taun, T., & Sa’adah, B. N. (2022). Perlindungan Konsumen Terkait Harga Yang Berbeda Di Rak Barang Dengan Struk Di Kasir. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 631–635. https://doi.org/10.5281/zenodo.7495968

Wahyuni, S. (2020). Penggunaan Label Harga Yang Tidak Sesuai Dengan Real Harga Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). IAIN Metro.

Yuniarti, F. (2021). Model Pelabelan Harga Di Alfamidi Dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah (Studi Pada Alfamidi J. Dr. Ratulangi Kota Palopo). Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Downloads

Published

2023-09-12

Citation Check