The Power of Nyai in The Development of The Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.22515/dinika.v6i2.4084Keywords:
Power, Nyai, PesantrenAbstract
Downloads
References
Ali Qusyairi, M. (2018). Jalinan Keislaman, Keumatan & Kebangsaan: Ulama Bertutur tentang Jokowi. PT Pustaka Abadi Bangsa.
Arikunto, S. (1989). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Bina Aksara.
Bourdieu, P. (2009). (Habitus x modal) + Ranah = Praktik, Pengantar Paling Komprehensif kepada Pemikiran
Dhofier, Z. (2010). Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Dian Rakyat.
Fakih, M. (1996). Analisis Gender Dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hadi, S. (1995). Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.
Helmiannoor, H., & Musyarapah, M. (2019). Eksistensi dan Dedikasi Ulama Perempuan Terhadap Pendidikan Islam di Nusantara. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 87–99. https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1782
Horikoshi, H. (1987a). Horikoshi, H. (1987). Kyai dan perubahan sosial. (U. Basalim & A. M. Sunwara, Trans.). Jakarta: Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat. (U & A. M. Sunwara, Trans.). Jakarta: Perhimpunan PengembanganPesantren dan Masyarakat.
Izzati, C. N. (2018). Kebangkita Ulama Perempuan di Indonesia: Studi Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) 2017 dalam Pengarusutamaan Gender. UIN Sunan Ampel.
Kementrian Agama. (2020). Banyaknya Pondok Pesantren, Kyai Ustadz dan Santri Menurut Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. https://jateng.bps.go.id/statictable/2021/04/14/2433/banyaknya-pondok-pesantren-kyai-ustadz-dan-santri-menurut-kabupaten-kota-di-jawa-tengah-2020.html
Marhumah, E. (2010). Konstruksi Sosial Gender Di Pesantren. Yogyakarta: LKIS.
Melamahu, T. H. (2019). Kepemimpinan “Bu Nyai” Dalam Pondok Pesantren Singo Wali Songo Di Kabupaten Magetan. Universitas Airlangga.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Muhtador, M. (2020). Otoritas Keagamaan Perempuan (Studi atas Fatwa-Fatwa Perempuan di Pesantren
Kauman Jekulo Kudus). Kafaah: Journal of Gender Studies, 10(1), 38–50.
Ningrum, E. P., & Mursidi, A. (2018). Pendidikan Budaya dan Sejarah “Dibalik Revitalisasi Budaya". Kuasa Perempuan: Peranan Dan Kedudukan “BU Nyai” Dalam Memimpin Pondok Pesantren Di Kabupaten Banyuwangi. https://doi.org/DOI:10.31227/osf.io
Noorhayati, S. M. (2017). Noorhayati, S. M. (2017). Pemikiran Islam Terhadap Gender dan Pemberdayaan Perempuan Studi Pemikiran dan model Pemberdayaan nyai di Pondok Pesantren nurul Jadid Paiton). Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 22(2), 219–244.
Prasetiawan, A. Y., & Lis, S. (2019). Kepemimpinan Perempuan dalam Pesantren. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 14(1), 39–69. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2874
Qusyairi, M. A. (2018). Jalinan Keislaman, Keumatan & Kebangsaan: Ulama Bertutur Tentang Jokowi. Jakarta: PT Adi Bangsa.
Razak, Y., & Mundzir, I. (2019). Otoritas Agama Ulama Perempuan:Relevansi Pemikiran Nyai Masriyah Amva Terhadap Kesetaraan Jender Dan Pluralisme. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 12(2), 397. https://doi.org/10.21043/palastren.v12i2.5981
Sa’diyah, Z., & Anshori, A. A. (2021). Power and Agency: The Role of Bu Nyai (Female Ulama) in Dealing with Disposable Sanitary Napkins Problem in Pesantren (Case Study Of Pondok Pesantren Annuqayah Sumenep Madura). Tashwirul Afkar, 40(1). http://www.tashwirulafkar.net/index.php/afkar/article/view/51
Srimulyani, E. (2012). Women from Tradisional Islamic Educational Institutional Institutions in Indonesia. Amsterdam: Amsterdan University Press.
Steenbrink, K. A. (1996). Steenbrink, Karel A. Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam kurun moderen. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, 1986. Surakart: Dharma Aksara.
Wahid, A. (2000). Pesantren sebagai Subkultur. In M. D. Raharjo (Ed.), Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.