Strategi Pengembangan Pendidikan Informal Dalam Upacara Adat Barian Untuk Penguatan Moderasi Beragama Di Desa Jrahi – Pati - Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.22515/elha.v13i1.10148Keywords:
Pengembangan Pendidikan, Upacara Adat, Moderasi BeragamaAbstract
Penduduk Jrahi yang memeluk berbagai macam agama, maka sangatlah penting, pengembangan pendidikan informal sebagai internalisasi kehidupan masyarakat. Juga pelestarian alam, kearifan lokal dan tradisi budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan informal yang terkandung dalam upacara adat Barian dan strategi pengembangan pendidikan informal untuk penguatan moderasi beragama di Desa Jrahi. Peneliti menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi Sumber dan triangulasi Teknik. Teknik analisis data menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, pertama : ada beberapa nilai-nilai pendidikan informal di dalam upacara adat Barian untuk penguatan moderasi beagama di desa Jrahi : 1) nilai pendidikan religious, 2) nilai pendidikan moral dan etika, 3) nilai pendidikan social dan kebersamaan, 4) nilai pendidikan budaya, pengetahuan tradisional dan kearifan lokal. Kedua : strategi pengembangan yang digunakan dengan melakukan bentuk pengembangan melalui kegiatan keagamaan, kebangsaan, desa, tradisi budaya dan pembaharuan potensi lokal. Sasaran pengembangan adalah semua warga terutama generasi muda dan anak-anak. Sarana pengembangan yang memadai, baik tempat, keamanan, kenyamanan dan fasilitator. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merkomendasikan perlu adanya langkah-langkah inovatif dan kolaboratif dalam bentuk program terkait dengan sosialisasi dan motivasi kepada generasi muda dalam memahami arti penting pendidikan informal dan menjaga tradisi serta nilai-nilai moderasi beragama.
Downloads
References
Achyar, A. (2019). Konsep Manajemen Mutu Terpadu Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul MUTTAQIEN BOGOR. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2). https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1161
Ahmad Darlis (2017) Hakikat Pendidikan Islam : Telaah antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal, Jurnal Tarbiyah, Vol.XXIV, No.1
Aprilisa, H. A., & Setyawan, B. W. (2021). Makna Filosofis Tradisi Ambengan di Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha Bagi Masyarakat Tulungagung. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 6(2), 153–161.
Aziz, A. A., et. al. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bekerja sama dengan Lembaga Daulat Bangsa.
Apri Wahyudi & Elhefni (2017) Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia, Jurnal Elementary Vol. 3 Edisi Januari-Juni
Abror M. (2020) Moderasi Beragama Dalam Bingkai, RUSYDIAH : Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), DOI: https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174
Azizatul Qoyyimah & Abdul Mu’iz (2021), Tipologi Moderasi Keagamaan: Tinjauan Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili, Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 6.1 (2021), 22–49.
Akhmadi, A. (2019). MODERASI BERAGAMA DALAM KERAGAMAN INDONESIA. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45-55. Retrieved from https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/82
Arifinsyah, Safria Andy & Agusman Damanik (2020) The Urgency of Religious Moderation in Preventing Radicalism in Indonesia, Esensia : Jurnal ilmu-ilmu Ushuluddin., Vol 21, No. 1. http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/esensia
Aksa, A., & Nurhayati, N. (2020). Moderasi Beragama Berbasis Budaya Dan Kearifan Lokal Pada Masyarakat Donggo Di Bima (Tinjauan Sosio-Historis). Harmoni, 19(2), 338–352. https://doi.org/10.32488/harmoni.v19i2.449
A. M. Huberman., & M.B Miles. (1984). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Bagus Wahyu Setyawan , Anggoro Putranto , Djoko Sulaksono (2023) Upacara Adat sebagai ikon Pengembangan Cultural Tourism di Kabupaten Pacitan, Jurnal ALTASIA, Vol. 5, No. 1, Tahun 2023.DOI:
http://dx.doi.org/10.37253/altasia.v5i1.7090
Bayangsari Wedhatami, Budi Santoso (2020) Upaya Perlindungan Ekspresi Budaya Tradisional dengan Pembentukan Peraturan daerah.
Choiriyah et.al, (2022) RELIGIOUS MODERATION IN THE FRAMEWORK OF LIFE International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism IJIERM: Vol. 4 No. 2 May – August Page 135-149.
Creswell W. John. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan. Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Dinar Bela Ayu Naj’ma, Syamsul Bakri (2021) Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan, Academia : Journal of Multidisciplinier Studies, Vol. 5 No. 2.
Darlis. (2017) Menyusung Moderasi Islam Ditengah Masyarakat Yang Multikultural. Rausyan Fikr : Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin Dan Filsafat, 13(2), 225–255. https://doi.org/10.24239/rsy.v13i2.266
Davids, N. (2017). Islam, moderation, radicalism, and justly balanced communities. Journal of Muslim Minority Affairs, 37(3), 309–320. https://doi.org/10.1080/13602004.2017.1384672
Edison, M, (2021) Konsep Dasar Pendidikan Karakter Perspektif Islam. 103.114.35.30
Effendi, T.D. (2019) Local wisdom in tolerance building between ethnic Chinese and other ethnics in Indonesia, Advances in Social Science, Education and Humanities Research 276, 203–206. https://doi.org/10.2991/iconarc-18.2019.104
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama Di Indonesia. Jurnal Intizar, 25(2), 95–100. https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640
Fauzan (2023) State Policy Towards Religious Moderation: A Review Of The Strategy For Strengthening Religious Moderation In Indonesia, Nusantara: Journal of Law Studies, Vol. 2 No. 1 59-62. https ://juna.nusantarajournal.com/indexphp/juna
Gustia Arini Edinon (2021) Nilai-nilai pendidikan dalam pertunjuka
n tari Podang dan implementasinya dalam pembelajaran di sekolah, Jurnal Imaji, Vol. 20, No. 1, pp. 69-77 https://journal.uny.ac.id/index.php/imaji
DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v20i1.47371 69
Gustiranto (2017) Reject Traditional Values Bala In the village of Betung District of Pangkalan Kuras Pelalawan , Jom FISIP, Volume 4 NO 1
Hidayati, L. (2020). Strategi pengendalian mutu program pendidikan nonformal dan informal pada saat pandemic covid-19. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(4).
Imam Subekti (2022) Pengorganisasian dalam Pendidikan, Journal of Education and teaching, Vol 3, No.1
Iskandar Wiryokusumo dan J. Mandilika (1982), Kumpulan-Kumpulan Pemikiran dalam Pendidikan, Jakarta: CV. Rajawali, h. 93
Iffaty Zamimah (2018) Moderatisme Islam Dalam Konteks Keindonesiaan, Jurnal Al-Fanar, https://doi.org/10.33511/alfanar.v1n1.75-90
Ikang Putra A. & Alip S.U. (2020) Relasi Agama Dan Negara Untuk Pencapaian Tujuan Pemerintahan, Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja. https://doi.org/10.33701/jipwp.v46i2.1274
James L. Gibson (1990) Organisasi Dan Manajemen, Perilaku Struktur Dan Proses, Terj. Djoerban Wahid, Jakarta: Erlangga, h. 658
Kusumadmo, E. (2013) Manajemen Strategik Pengetahuan. Yogyakarta : Cahaya. Atma Pustaka.
Kaelani, K. (2020). Strategi Pengembangan Pendidikan Islam. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i1.33
Koentjaraningrat (1992) Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan di Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Koentjaraningrat (2010) Manusia Dan Kebudayaan Di Indonesia. Jakarta.Jambatan
Khairan M. Arif (2021) Concept and Implementation of Religious Moderation in Indonesia. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam , Vol. 12 No. 1 .
Khoiruddin & Juhratul Khulwah, (2023) MODERASI BERAGAMA DALAM KEARIFAN LOKAL PADA MASYARAKAT PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG, Moderatio : Jurnal Moderasi Beragama Vol.03 No.1
Minggu, K. (2022). Kebudayaan Tradisional sebagai Pilar Pembangunan, Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5205-5212. https://doi.org/10.47492/jip.v3i3.1844
Muljawan, A. (2019). Model Dan Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 20(2). https://doi.org/10.36769/asy.v20i2.81
Mursalim. (2019). Kebijakan dan Strategi: Membangun Interkoneksi antara Pendidikan Formal, Non-Formal, dan Informal dalam Konteks Pendidikan Sepanjang Hayat di Indonesia. Duke Law Journal, 1(1).
Muhammad Faisol Abdau (2020) Membangun Strategi Lembaga Pendidikan dalam Pendidikan Karakter”, Surabaya, Global Aksara Pres, hal 7
Mohammad Hashim Kamali, ‘Diversity and Pluralism: A Qur’anic Perspective’, ICR Journal, 2020. https://doi.org/10.52282/icr.v1i1.12.
M. A., Burga., M. Damopolii (2022) REINFORCING RELIGIOUS MODERATION THROUGH LOCAL CULTUREBASED PESANTREN, Jurnal Pendidikan Islam 8 (2) DOI: 10.15575/jpi.v8i2.19879
Muhammad Mahmud al-Hijazi (1993) Tafsir al-Wadlih, Jakarta : DepDikBud.
Noya, F. S., Supriyono, S., & Wahyuni, S. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Informal Pada Transfer Pengetahuan Kecakapan Ketog Magic. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9).
Nur Khasanah, Achmad Irwan Hamzani, Havis Aravik (2023), Religious Moderation in the Islamic Education System in Indonesia, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Volume 15 Number 1. DOI: 10.37680/qalamuna.v15i1.4115
Puspito, G. W., Swandari, T., & Rokhman, M. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Non Formal. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1).
Ramadinah, D., Setiawan, F., Ramadanti, S., & Sulistyowati, H. (2022). Nilai-nilai Budaya dan Upaya Pembinaan Aktivitas Keagamaan di MTs N 1 Bantul. Jurnal PANDAWA, 4(1), 84-95.
Rochgiyanti, M., & Susanto, H. (2017). Transformation of Wetland Local Wisdom Values on Activities of Swamp Buffalo Breeding in Social Science Learning Practice. In 1st International Conference on Social Sciences Education-" Multicultural Transformation in Education, Social Sciences and Wetland Environment"(ICSSE 2017) (pp. 272-276). Atlantis Press.
Rochgiyanti, R., & Susanto, H. (2018). Tradisi pemeliharaan kerbau kalang di wilayah lahan basah Desa Tabatan Baru, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Barito Kuala. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 3, No. 2).
Rahman, Nazarudin (2019) Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Noer Fikri Offset, Palembang.
Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad Ke‐21. In cv.Cipta Media Edukasi.
Sudiapermana, E. (2017). PENDIDIKAN INFORMAL Reposisi, Pengakuan dan Penghargaan. Jurnal Pendidikan Informal. 1-7.
Somtrakool, K. (2002). Building Bridges between Formal, Non-Formal and Informal: Policies and Strategies for Lifelong Learning in Thailand. UNESCO Institute for Education.
Susanti, S. (2014). Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal Dalam Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Handayani, 1(2). https://doi.org/10.24114/jh.v1i2.1255
Susanto, H., & Fathurrahman, H. A. (2021). Migration and Adaptation of the Loksado Dayak Tribe (Historical Study of Dayak Loksado Community in Pelantingan Village). In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 5-10). Atlantis Press.
Syaadah, R., Hady, M., Ary, A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2022). Pendidikan Formal, informal dan nonformal. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyrakat , 2(2).
Smith, E. R. (2022). Does moderation by perceived normativeness of religion occur at the individual level or the country level? Religion, Brain & Behavior, 1–3. https://doi.org/10.1080/2153599X.2022.2070246
Sugiyono, (2013), Metode penelitian Kuantitatif, Kualitataif dan R & D, Bandung, Penerbit Alfabeta.
Tanjung, H. B. (2020). Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Dan Dakwah Untuk Generasi Milenial. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02).
Teheran, F. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Ketika Menonton Televisi (Studi Di TK Nurul Ilmi Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Uqbatul Khair Rambe (2020) Konsep Dan Sistem Nilai Dalam Perspektif Agama-Agama Besar Di Dunia, Jurnal Al-Hikmah 2, no. 1
Verkuyten, M., Yogeeswaran, K. & Adelman, L., (2019) Intergroup toleration and its implications for culturally diverse societies, Social Issues and Policy Review 13(1), 5–35. https://doi.org/10.1111/sipr.12051
Yohanes Umbu Lede (2022) Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Penanaman Nilai Budaya Lokal Tama Umma Kalada, Volume 8 (1). DOI: 10.32884/ideas.v8i1.627
Zachri Abdussamad (2021) Metode penelitian Kualitatif, Cet. I, Syakira Media Press).
Website :
https://sanjeevdatta.com/characteristics-of-informal-education