PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DI PAUD AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAJEN MARGOYOSO PATI TAHUN AJARAN 2022-2023

Authors

  • Tri Hidayati Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Syamsul Huda Rohmadi UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/elha.v13i1.10377

Keywords:

Peran Kepala Sekolah, Mengembangkan Literasi, PAUD

Abstract

Kepala sekolah berperan sebagai pemimpin sekolah untuk mencapai tujuan keberhasilan program yang telah di rencanakan. Dalam mengembangkan kegiatan di sekolah kepala sekolah berperan secara langsung dan sebagai penentu kebijakan di sekolah. Kepala sekolah harus melaksanakan tugas dan perannya secara maksimal dan mampu mengarahkan pendidikan yang bijak untuk sekolah supaya bisa mencapai tujuan sekolah dengan maksimal.

Peneliti menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi eknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan, pertama : ada beberapa peran kepala sekolah dalam mengembangkan literasi di PAUD Aisiyah Bustanul Athfal Kejen : 1) peran kepala sekolah sebagai leader, 2) peran kepala sekolah sebagai educator, 3) peran kepala sekolah sebagai innovator, 4) peran kepala sekolah sebagai motivator. Kedua : Beberapa problem yang perlu di cari solusinya agar program pengembangan literasi di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal Kajen dapat mencapai hasil yang maksimal adalah : 1) kemampuan para pendidik masih terbatas terkait dengan Teknik pengajaran literasi usia dini. 2) fasilitas dan sumber daya belajar yang masih terbatas. 3) kurangnya keterlibatan orang tua dalam pengembangan literasi di rumah, karena masih banyak orang tua yang belum memahami tentang literasi dasar bagi anak-anak dan arti penting peran orang tua dalam mendukung literasi. 4) kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran literasi dini yang inovatif dan interaktif. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merkomendasikan perlu adanya langkah-langkah inovatif dan kolaboratif dalam bentuk program terkait dengan pelatihan metode pembelajaran literasi bagi tenaga pendidik, fasilitas pendukung literasi, konektivitas semua pihak dengan orang tua siswa dan pemanfaatan teknologi secara optimal. Kata kunci : Peran Kepala Sekolah, Mengembangkan Literasi, PAUD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahmat Fathoni (2011) Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rieneka Cipta.

Abidin, Yunus, D. (2018). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Pertama. Jakarta : Bumi Aksara.

Agustinus Hermino, (2014) Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ahmad Susanto (2011) Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Anggraeni, G. N., & Nurabadi, A. (2016). Implementasi Peran Kepala Taman Kanak Kanak (TK) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol 25(1), 10-17.

Qosim, Muhammad Nanang. 2023. “Language Expression Patterns of Talisman.” 20(1):107–13.

Qosim, Muhammad Nanang, and Muhammad Anas Bin AlMuhsin. 2023. “Analysis of Variation of Sound Changes in Arabic Language Phonemes in Junior High School Students in Java, Indonesia.” Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 12(1):14–22. doi: 10.15294/la.v12i1.64815.

Banun, S., & Usman, N. (2016). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SMPN Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol 4(1), 137- 147

Bu'ulolo, Y. (2021). Membangun budaya literasi di sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16-23.

Cahyani, I. R. (2017). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan literasi dini (early literacy) di kabupaten sidoarjo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Departemen pendidikan dan Kebudayaan ( 2004) Kamus besar bahasa indonesia, semarang : Toha Putra.

Dian Pertiwi1, Ulwan Syafrudin & Rizky Drupadi (2021) Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Baca Tulis Hitung untuk Anak Usia 5-6 Tahun, PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No 2. Doi: 10.18592/ittihad.v15i28.1930.

Dunphy, E. (2012). Children’s participation rights in early childhood education and care: The case of early literacy learning and pedagogy. International Journal of Early Years Education, 20(3), 290–299. https://doi.org/10.1080/09669760.2012.716700.

Elliott, E. M., & Olliff, C. B. (2008). Developmentally appropriate emergent literacy activities for young children: Adapting the early literacy and learning model. Early Childhood Education Journal, 35(6), 551–556. https://doi.org/10.1007/s10643-007-0232-1.

Erlandson, D. A. (2014). Performance Standards For The Principalship : Emergence Of Available Model, School Leadership and Management. Vol 10(1), 11-25. Https://Doi.Org/10.1080/0260136900100102

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk D/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Firda Rosdiana1 & N. Fathurrohman (2022) Peran Kepala Sekolah alam Mengembangkan Budaya Literasi di SDN Curug 1, Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 6 Nomor 2.

Frank E. Jr & Bird (1989) Practical Loss Control Management. Published: Institute Press.

Gumiandari, S. (2013), Komitmen Pimpinan dalam Pelaksanaan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi ( Studi Kasus IAIN Syekh Nurjati Cirebon ). Jurnal Holistik, Vol 14 (02). 27-55

Hadari Nawawi, (1994) Administrasi Pendidikan, (Yogyakarta : Andi Offset. Hasnadi, H. (2019, December). Membangun Budaya Literasi Informasi pada Perguruan Tinggi. In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA) (Vol. 3, No. 1, pp. 610-620).

Hendiyat Soetopo dan Wanty Soemanto (1984) Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.

Herabuddin (2009) Administrasi dan supervisi pendidikan, Bandung : Pustaka Setia.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (the programme for international student assessment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41.

Hill, S. (2010). The millennium generation: Teacher-researchers exploring new forms of literacy. Journal of Early Childhood Literacy, 10(3), 314–340. https://doi.org/10.1177/1468798410372820

Iis Lisnawati & Yuni Ertinawati (2019). Literat Melalui Presentasi, Vol.1, No.1,6.

Imam Gunawan (2013) Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktis, Jakarta: PT. Bumi Aksarahlm.

Imas Masitoh, et. al. (2022) Penerapan Pra Literasi Pada Anak Usia Dini Di Tk Fajar, Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Pengembangan Anak Usia Dini, Vol 01 No 1 Januari Hal : 43-53.

Ismaya et.al. (2022) Pendidikan Literasi: Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Komunikasi yang Efektif. EDUMASPUL. Vol.6-No. 1. JP Webster, (2009) Dictionary Of Psychology. New York: Dell publishing.

Juliantoro, O. M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal AlHikmah, Vol 5 (2), 24-38.

Justice, L. M., & Sofka, A. E. (2013). Engaging children with print: Building early literacy skills through quality read-alouds. New York: Guilford Publications.

Kemendikbud, (2016) Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Khadijah & Nurul Amelia, (2021) ,Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori Dan Praktik, Jakarta: Kencana.

Leavy, B. (2016). Effective Leadership Today – Character Not Just Competence. Emerald Insight, Vol 44 (1), 20-29. Https://Doi.Org/10.1108/Sl-11-2015-0081

Leonhard CH, (2005) The Concise Gray’s Anatomy. New York: Cosimo. Lexy J. Moleong, (2000), Metode Penelitian Kualitatif, Cek. 13. Rosda Karya, Bandung.

Librianty, N. (2019). Studi Tentang Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. Journal on Early Childhood : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Vol 2(1), 9–17. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i1.11

M. Daryanto (1998) Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

M. Ngalim Purwanto (1998) Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mamik (2015) Metodologi Kualitatif, Sidoarjo: Zifatama Publisher Marwany & Heru Kurniawan (2020) Pendidikan Anak Usia Dini, Meningkatkan Keterampilan Membaca, Menulis, dan Berpikir Anak , Penerbit: Hijaz Pustaka Mandiri.

Mawaddah, (2024) Literasi Membaca dan Menulis serta Pembelajarannya Pada Anak usia Dini, Education Journal Volume 4 Nomor 1.

Moleong, J. Lexi. (2013) Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Monica Arningsari, Ida Dwijayanti, & Sumarno. (2024). ANALISIS KENDALA LITERASI DINI BAGI ANAK USIA 4-6 TAHUN DI PAUD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 2021 - 2027. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2750.

Morrison, S. G.2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Muhaimin, et al, (2010) Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengemangan Sekolah/Madrasah, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup,

Muhammad Fadillah (2014) Desain Pembelajaran PAUD, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Mulya., H. T. and N. (2019). Mengmbangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. 2(1)

Mulyasa E.(2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT. Remaja.

Mulyasa, (2006) Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya. Mursid, M.Ag, (2015), Belajar dan Pembelajaran Paud, Bandung : Pt Remaja Rosda Karya.

Musfiroh, Tadkiroatun (2007) Permasalahan Membaca dan Menulis di KB dan TK Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 12, No. 2, : 106-126 .

Mutia Afnida & Suparno (2020) Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), DOI: 10.31004/obsesi.v4i2.480.

N. Normina (2018) Pendidikan dalam Kebudayaan, ITTIHAD, vol. 15, no. 28, pp. 17 28,

Novan Ardy Wiyani (2014) Psikologi Perkembangan anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Nur Anisyah et. al. (2023) Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini pada Suku Anak Dalam di Desa Muaro Tabir, Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 2,

Nurkolis (2005) Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Grasindo.

Oding Supriadi, (2021), Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1) DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.727.

Patterson, W. G. (2016). How To Obtain A Principalship, A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, Vol 44 (5), 310-314. https://Doi.Org/10.1080/00098655.1970.11478391.

Pertiwi, S. A. D., & Wati, R. (2022). Maraknya Platform Sastra Cyber Berdampak Terhadap Dunia Literasi Di Indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 17-25.

Rafida, N., Rahman, A., et al. (2018). Impact Of Strategic Leadership On Organizational Performance, Strategic Orientation And Operational Strategy. Management Science Letters, 8(6), 1387–1398. https://doi.org/10.5267/j.msl.2018.9.006

Richard Kent (2000), Literacy & Language Teaching. Oxford : Oxford University Press.

Riswandi, R., Sukamto, I., & Oktaria, R. (2021). Sekolah Efektif, Learning Organization, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1873

Rosemary, C. A., & Abouzeid, M. P. (2002). Developing literacy concepts in young children: An instructional framework to guide early literacy teaching. Journal of Early Childhood Teacher Education, 23(2), 181–201. https://doi.org/10.1080/1090102020230210

S. Margono (2000), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Saifullah. (2020). Determinasi Motivasi dan Kinerja Guru terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di SMAN 1 Kota Bima) Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan ILmu Sosial, 1(2). https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/340

Sallis, Edwars (2006), Total Quality Management In Education Manajemen Mutu Pendidikan Yogyakarta. Singowidjojo. 2013. PAUD Menuju Generasi Emas. Prosiding Konferensi PAUD dan Pendidikan Dasar. BandungSuyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD, Pedagogia, Jogjakarta.

Suarga. (2017). Efektivitas penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan mutu layanan administrasi pendidikan. Jurnal Idaarah, Vol 1(20), 23–33.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniati, L., & Karsa, D. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Vol 5(1), 508–520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582.

Sugiyono (2005) Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono (2009) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, Cet. Ke-7.

Sugiyono, (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suib, M., Saputra, D., & Fidri, M. (2022). Strategi Pembelajaran Berdasarkan Unsur Unsur Bahasa Arab. Jurnal As-Said, 2(1), 149-161.

Sukma, H. H. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200

Sutrisno Hadi (2004) Metode Research, Yogyakarta: Andi.

Suyadi & Maulidya Ulfah, (2015) Konsep Dasar PAUD, Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Syamsul, Herawati. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Idaarah, Vol 1(2), 275-289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271.

Tatik Ariyanti (2016) The Importance of Childhood Education For Child Development, Juenal Dinamika Pendidikan Dasar, Volume 8, NO 1, Maret.

Taylor & Mackenney, (2008) Improving Human Learning In The Classroom, Theories and Teaching Practices: R&L. Education.

Uhar Saputra (2013) Administrasi pendidikan (Bandung : Rafika aditama .

Ulpah Maspupah (2019), Manajemen Pengembangan Kurikulum PAUD, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional.

Van Oers, B., & Duijkers, D. (2013). Teaching in a play-based curriculum: Theory, practice and evidence of developmental education for young children. Journal of Curriculum Studies, 45(4), 511–534. https://doi.org/10.1080/00220272.2011.637182

Veithzal Rivai dan Sylviana Murni (2010) Education Management: Analisis Teori dan Praktik, Jakarta : Rajawali Pers.

Wahid Hasyim (2009) Implementasi kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD), Bekasi.

Wahjosumidjo (2007) Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo (2010) Kepemimpinan Kepala Sekolah : Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta : Rajawali Pers.

Wahjosumidjo (2011) Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Westerveld, M. F., Gillon, G. T., van Bysterveldt, A. K., & Boyd, L. (2015). The emergent literacy skills of four-year-old children receiving free kindergarten early childhood education in New Zealand. International Journal of Early Years Education, 23(4), 339– 351. https://doi.org/10.1080/09669760.2015.1033617.

Wiyani, N A. (2017). Profesionalisasi Kepala PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Yosal Iriantara, (2017) Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Yuliani Nurani Sujiono (2012) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Permata Puri Media.

Yuliani Tri, & Kristiawan, M. (2016). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan. Vol 1(2), 122 132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013.

Yuliani Tri, & Kristiawan, M. (2016). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan. Vol 1(2), 122 132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013.

Website: https://www.parenting.co.id/balita/10-cara-stimulasi-keterampilan-pra-membaca anak/ dirujuk pada tanggal 22 Juni 2024.

Downloads

Published

2024-12-11

Issue

Section

Articles

Citation Check