Analisis Kebutuhan e-LKPD Berbantuan Canva Model PBL untuk Meningkatkan Penguasaan konsep membacaMembaca dan Kemandirian Peserta Didik

Authors

  • Ike Yunia Meka Unnes, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/elha.v13i1.10889

Keywords:

e-LKPD, Canva, PBL, penguasaan konsep, kemandirian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (e-LKPD) yang didesain menggunakan Canva dengan mengintegrasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan penguasaan konsep membacamembaca dan kemandirian belajar peserta didik. Analisis kebutuhan dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan information dari guru dan peserta didik melalui wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% guru dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran interaktif yang dapat diakses secara mudah. Penggunaan e-LKPD berbantuan Canva dipilih karena kemudahan penggunaan dan fitur desain yang menarik. Model pembelajaran PBL diintegrasikan untuk merangsang kemampuan berpikir kritis dan kemandirian peserta didik dalam memecahkan masalah. Analisis juga mengungkapkan bahwa Sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep membaca dan membutuhkan bimbingan yang lebih terstruktur. Pengembangan e-LKPD ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran, serta mendukung terciptanya pembelajaran yang lebih efektif dan mandiri. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. (2022). Yumriani.“Pengertian Pendidikan. Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam ISSN, 2, 1-8.Canva. (2023). About Canva. https://www.canva.com/about/

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal panajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing.

Piaget, J. (1972). The psychology of the child. Basic Books.

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Pratiwi, N. P. S., & Margunayasa, I. G. (2022). E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Muatan IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46542

Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh penerapan media pembelajaran canva dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dasar Listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 8(4), 107-113.

Sapriyah, S. (2019, May). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Mims, C. (2019). Instructional Technology and Media for Learning (12th ed.). Pearson.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.

Wulandari, Amelia & Salsabila, Annisa & Cahyani, Karina & Nurazizah, Tsani & Ulfiah, Zakiah. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education. 5. 3928-3936. 10.31004/joe.v5i2.1074.

Downloads

Published

2024-12-28

Citation Check