Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Islam Melalui Evaluasi Berbasis Karakter

Authors

  • amelia nurul fiqri Universitas PGRI Wiranegara, Indonesia
  • lilis andria ningsih Universitas PGRI Wiranegara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/elha.v15i1.11663

Keywords:

Kata Kunci: Evaluasi Berbasis Karakter, Nilai-Nilai Islam, Pendidikan Karakter.

Abstract

Artikel ini akan membahas pentingnya evaluasi berbasis karakter dalam konteks pendidikan Islam, serta bagaimana pendekatan ini dapat membantu memperkuat pemahaman nilai-nilai Islam di kalangan generasi muda. Dengan memahami dan menerapkan evaluasi ini, diharapkan kita dapat menciptakan generasi yang tidak hanya paham akan ajaran agama, tetapi juga mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka (literature review). Pendekatan ini digunakan untuk menganalisis berbagai artikel yang relevan dengan pemahaman nilai-nilai islam dan evaluasi berbasis karakter. Sumber data dalam penelitian ini artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal terakreditasi. Kriteria sumber data mencakup artikel yang membahas tentang nilai-nilai Islam dalam pendidikan dan yang menyoroti penerapan evaluasi berbasis karakter. Secara keseluruhan, evaluasi berbasis karakter memainkan peran signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai Islam pada siswa. Melalui penilaian yang komprehensif dan berkelanjutan, pendidik dapat memastikan bahwa nilai-nilai keislaman tidak hanya dipahami secara kognitif, tetapi juga diwujudkan dalam perilaku nyata, membentuk generasi yang berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam.Evaluasi berbasis karakter efektif dalam mendukung internalisasi nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin, serta relevan untuk menghadapi tantangan sosial dan moral dimasa modern. Studi mendatang dapat mengeksplorasi metode evaluasi yang lebih inklusif, seperti kolaborasi antara sekolah dan masyarakat, serta mengkaji penerapan teknologi dalam evaluasi berbasis karakter. Studi ini menegaskan pentingnya pendidikan berbasis karakter dalam membentuk generasi yang unggul. 

Kata Kunci: Evaluasi Berbasis Karakter, Nilai-Nilai Islam, Pendidikan Karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardana, L. N., Vega, N., Kirana, P., & Sunaryati, T. (2023). Peran Penting Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 1–6.

Avicni Miramadhania, E. N. (2024). Model Pendidikan Karakter Berbasis Islam : Solusi Menghadapi Krisis Moral Di Era Global. 2(2), 262–270.

Azhari, M. (2024). Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Keislaman di Madrasah : Implementasi dan Evaluasi. 2(4), 691–700.

Fadillah, Muhammad & Rizka, M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Nilai-Nilai Karakter Budaya. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 3(1), 20–32. https://doi.org/10.61456/tjie.v3i1.52

Muharram. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 153.

Muhsinin, M. (2013). Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 205–228. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.751

Mustofa, A. (2020). Tela’Ah Konsep Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(2), 233–254. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v2i2.203

Salsabila, A. M., Dewi, D., Lillah Almaula, H., Shalihah, M. Z., Zahra, U., & Nurjaman, A. R. (2024). Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Islam Dalam Mewujudkan Generasi Berkarakter Unggul. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 1(1), 16–24. https://doi.org/10.52496/linuhung.v1i1.70

Syalini, S., Basir, A., & Chanifudin. (2024). Evaluasi Efektivitas Pendidikan berbasis Karakter: Pendekatan, Instrumen, dan Tantangan. Perspektif Agama Dan Identitas, 9(6), 99–107.

Downloads

Published

2025-06-01

Citation Check