MANAJEMEN GURU DALAM PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Slamet Mulyo IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.19305/elha.v9i1.4740

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen guru dalam Penilaian Autentik Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti; 2) Faktor pendukung dan penghambat manajemen guru dalam Penilaian Autentik Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti; 3) Solusi dalam mengatasi hambatan manajemen guru dalam Penilaian Autentik Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Jenis penelitian ini kualitatif, bertempat di SMP N 2 Masaran Sragen. Subyek adalah guru PAI sedangkan informan meliputi Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif.

Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Manajemen Guru dilakukan dengan: a. Perencanaan melalui ulangan harian, UTS, dan UAS; b. Pelaksanaan evaluasi dianggap sukses jika memenuhi nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75; c.Evaluasi yang dilakukan dengan penilaian afektif, psikomotorik, dan aspek kognitif. 2) a. Faktor pendukung meliputi faktor internal dan eksternal. b. Faktor penghambat meliputi waktu yang kurang sehingga pelaksanaannya kurang maksimal, kondisi siswa yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda perlu adanya penanganan sesuai kebutuhan siswa, kompetensi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran dalam pengunakan metode dan penggunaan IT yang kurang. 3) Solusi: melengkapi media yang belum berbasis IT, meningkatkan keseriusan pada jam formal meliputi kualitas guru, media guru, penambahan jam PAI diluar jam formal dan Kepala sekolah selaku orang yang bertanggung jawab  mengelola, merencakan dan melaksanakan administrasi tersebut di suatu sekolah  telah melaksanakan tugasnya dengan baik, Guru juga harus mengikuti penataran mengenai kurikulum 2013 dan selalu aktif mencari informasi terbaru mengenai penilaian autentik dalam pembelajaran tematik terpadu.

 

Kata kunci : Manajemen Guru, Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti

References

Abdul Majid. 2014. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media

Chatib, Munif. 2012. Orangtuanya Manusia: Melejitnya Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tuntas (Mastery-Learning). Jakarta.

Muchtar, Hartati. 2010. Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur. No.14/ Tahun ke-9/ Juni 2010,

Johnson, Elaine B. 2011. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasikkan dan Bermakna, Bandung: Kaifa Learning

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhaimin, 2003, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian

Rohmat. 2017. Proses Mengajar Belajar Berkualitas. PT. Gerbang Media Aksara.

Taufina. 2009. Authentic Assessment Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah SD. Jurnal Pedagogi, 9 (1).

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles