PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA MIN 4 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Authors

  • Partiningsih Partiningsih IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.19305/elha.v9i1.4742

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan pola asuh terhadap perilaku prososial, 2) hubungan kecerdasan emosional terhadap perilaku prososial, 3) hubungan tipe kepribadian terhadap perilaku prososial, 4) pengaruh pola asuh dan kecerdasan emosional terhadap perilaku prososial, 5) pengaruh pola asuh dan tipe kepribadian terhadap perilaku prososial, 6) pengaruh kecerdasan emosional dan tipe kepribadian terhadap perilaku prososial, 7) pengaruh pola asuh, kecerdasan emosional, dan tipe kepribadian terhadap perilaku prososial.

Jenis penelitian kuantitatif korelasional, bertempat di MIN 4 Sukoharjo Tahun 2019. Populasi sebanyak 98 siswa. Sampel sejumlah 79 siswa, dengan teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data menggunakan analisis korelasi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku prososial, 2) ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial, 3) ada korelasi antara tipe kepribadian orang tua dengan perilaku prososial, 4) ada pengaruh pola asuh dan kecerdasan emosiomal terhadap perilaku prososial, 5) ada pengaruh pola asuh dan tipe kepribadian terhadap perilaku prososial. 6) ada pengaruh kecerdasan emosional dan tipe kepribadian terhadap perilaku prososial. 7) ada pengaruh pola asuh, kecerdasan emosiomal dan tipe kepribadian terhadap perilaku prososial.

 

Kata kunci: pola asuh, kecerdasan emosional, tipe kepribadian, perilaku prososial

References

Abudin Nata. 2010. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gusti & Margaretha. 2010. Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, Ed (Vol). 01. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Humble S & Dixon Pauline. The Effect of Schooling, Family and Proverty on Children’s Attaintment, Potential and Confidence-Evidence From Kinondoni, Dar es Salaam, Tanzania. Jurnal of Educational Research, Ed (Vol). 83. Maret 2017.

Jean Ellis Ormrod. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu siswa Tumbuh Dan Berkembang. Terjemahan. Educational Psychology Developing Learners. Jakarta: Erlangga.

Kupers, W & Pauleen. Learning Wisdom: Embodied and Artful Approaches to Management Education. Juornal of Management, Ed (Vol). 31. Januari 2015.

Lopez, L.H, Almeida D.J.C, Rodriguez J.L.B, & Perez P.D.S. Student Perceptions of The Lecture’s Role in Management Education: Knowledge Acquistion and Comppetence Development. Journal of Management Education, Ed (Vol). 14. Oktober 2016.

Loudová, I., & Lašek, J. Parenting style and its influence on the personal and moral development of the child. Jurnal Procedia - Social and Behavioral Sciences, Ed (Vol). 21, Januari 2015.

Namutebi Edith, Student Mentoring and Dicipline in Urgandan Universities Case of the Central Region, Journal of Education and Research. Ed (Vol). 6, April 2018.

Nyayu Khadijah. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tri Dayakisni dan Hudaniah. 2003. Psikologi Sosial. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Tulus Winarsunu. 2010. Statistik dalam Penelitian Psikologi & Pendidikan. Malang: UMM Press.

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles