MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Abdul Haris Firdaus IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.19305/elha.v9i1.4743

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen Sekolah ramah anak; 2) Faktor penghambat manajemen Sekolah ramah anak; 3) Faktor pendukung manajemen Sekolah ramah anak di SDIT Nur Hidayah Surakarta.

Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif, bertempat di SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun 2019. Subyek penelitian adalah kepala sekolah SDIT Nur Hidayah Surakarta. Informan meliputi ketua yayasan, guru, karyawan, dan sebagian orang tua murid, sebagian siswa SDIT Nur Hidayah Surakarta. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif dari Milles dan Huberman.

Kesimpulan: 1) Manajemen sekolah ramah anak meliputi: a. Perencanaan dilaksanakan satu tahun sekali pada bulan November. b. Pengorganisasian dengan membentuk struktur organisasi, yang melibatkan semua guru dan karyawan untuk melaksanakan program kerja dan di pantau langsung oleh kepala sekolah melalui rapat bulanan. c. Pelaksanaan dilakukan dengan beberapa upaya yaitu dengan dibuatnya suatu kebijakan sekolah ramah anak sehingga dapat dijadikan  pedoman bagi guru dan siswa yang ada. Senantiasa memantau  kurikulum administrasi pembelajaran seperti RPP, Silabus, Prota, Promes, serta mamantau proses pembelajaran di kelas. Memberikan pelatihan atau pembekalan secara rutin untuk  pendidik dan tenaga pendidik sehingga kemampuan meningkatkan skill dan soft skill. Pengadaan sarana dan prasara yang lengkap sehingga menunjang keamanan dan perkembangan skill dan soft skill  anak. d. Evaluasi: ada evaluasi  setiap akhir tahun, evaluasi setiap satu semester, evaluasi setiap satu bulan sekali, evaluasi setiap pekan sekali, evaluasi harian. 2) Faktor penghambat: lahan tempat gedung sekolah yang  kecil  dan sempit sehingga area untuk bermain dan untuk kegiatan diluar kelas sangat kurang. 3). Faktor pendukungnya: anggaran yang mencukupi dan partisipasi wali murid dalam mengelola sekolah ramah anak di sekolah maupun di rumah.

 

Kata Kunci: Manajemen, sekolah ramah anak

References

Arismantoro. 2008. Character Building: Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Hasibuan S.P. Melayu, H. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

M. Nadzir, †Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter†, Jurnal Pendidikan Agama Islam, (Vol). 02, No. 02, November 2013.

Ngadiyo. 2013. Homeschooling, Melejitkan Potensi Anak. Majalah Embun. Edisi 49-V-Rajab 1434 H/Mei 2013.

Olaleye Florence Oluremi,†Creating A Friendly School Learning Environment For Nigerian Childrenâ€. European Scientific Journal. vol. 8, No.8 ISSN: 1857 – 7881 April

Sandi Aji Wahyu Utomo, “Manajmen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetisi Guruâ€, Jurnal Institut Agama Islam Imam Ghozali Cilacap, (Vol).01, No. 01, Februari 2017.

Syaiful Sagala. 2010. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles