MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN TARBIATUL WA THON YALA THAILAND

Authors

  • Muneebah Datoo IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.19305/elha.v9i2.4745

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Manajemen Kurikulum Pendidikan Agam Islam di Pondok Pesantren Tarbiatul wa thon (2) Faktor yang mendasari Manjemen Kurikulum Pendidikan Agama islam di Pondok Pesantren Tarbiatul wa thon.

Penelitian ini meneggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelian dilakukan di Pondok Pesantren Tarbiatul wa thon Tahun 2018. Subjek penelitian adalah kurikulum Pendidikan Agama Islam. Informan adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, ustadz dan ustadzah, dan siswa pesatren Tarbiatul wa thon. Pengumpulan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsaan data dilakukan dengan metode trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi manajemen kurikulum PAI di pondok pesantren Tarbiatul wa thon meliputi kegiatan perencanaan kurikulum PAI dengan penyesusnan rencana kerja sekolah, kalender akademik, silabus PAI, lesson plan PAI, dan RPP, Pelaksaan manajemen Kurikulum PAI terbagi menjadi dua tingkat yaitu tingkat sekolah dan tingkat kelas, evaluasi kurikuum PAI yakni dengn mengadakan evaluasi program PAI, evaluasi proses pembelajaran PAI, evaluasi hasil belajar siswa. (2) Fakor yang mendasari Manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Tarbiatul wa thon yang paling utama adalah latar belakang.

 

Kata  kunci : Manajemen Kurikulum, Kurikulum Pendidikan Agama Islam.

References

Chatif, Munif 2014. Sekolahnya Manusia, Bandung : Kaifa

Darajat, Zakiah, 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara.

Fatah, Nanang, 2003, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

M. Ali Hasan-Muklti Ali, Kapita Pendidikan Agama Islam, (Jakarta ; Pedoman Ilmu Jaya, 2009)

Marimba, Ahmad D. 1989, Pengantar filsafat Pendidikan Islam, Bandung : al-Ma’arif

Muhaimin, 2001, Paradigma Penididikan Islam, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Mujamil Qomar, M.Ag, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Instansi ( Jakarta : PT Glora Aksara Pertama, 2005)

Nasution, S. 1980. Asas-asas Kurikulum, cet. VI. Bandung : Jemmars.

Rahinah M. Noor, MA, KH. Hasyim Asy’ari Memodernisasi NU& Pendidikaan (Jakarta : Grafindo Khazanah Ilmu 2012)

Rusman, M.Pd., Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT Raja Grafino Persada, 2003

Rusyan, A. Tabrani dkk. 1992, Pendekatan dalam Proses Belajar Mangajar, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suryosubroto, 2004, Manajemen Pendidikan Di Sekolah, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Veithzal Rivai, Sylviana Murni, 2009, Education Manajement: Analisi Teori dan Praktik, Jakarta : Rajawali Pers.

Published

2022-01-04