MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PEMBERDAYAAN PARTISIPASI KERJA GURU DI MTS NEGERI 5 KLATEN TAHUN 2018/2019

Authors

  • Arifatu Nikmah IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.19305/elha.v9i2.4747

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini untuk mengetahui : 1) Manajemen Kepala Madrasah dalam Pemberdayaan Partisipasi Kerja Guru di MTs Negeri 5 Klaten, 2) Faktor Penghambat, 3) Solusi mengatasi hambatan.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif bertempat di MTs Negeri 5 Klaten yang terletak di Jalan Temas Bawak Cawas, Klaten, Jawa Tengah tahun 2018. Subyek adalah Kepala Madrasah, informan: Wakamad, sebagian Guru, dan sebagian Komite. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasai. Teknik keabsahan data dengan triangulasi. Teknik analisis data dengan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data dan kesimpulan.

Hasil penelitian: 1) Manajemen Kepala Madrasah dalam Pemberdayaan Partisipasi Kerja Guru di MTs Negeri 5 Klaten adalah dengan cara :  a) Planing, Kepala Madrasah melibatkan Guru dalam menyusun rencana kerja madrasah. b) Organizing, Kepala Madrasah meyusun organisasi sekolah untuk mengatur guru dalam menjalankan tupoksinya. c) Actuating, Kepala Madrasah menggerakkan seluruh guru untuk secara bersama-sama melaksanakan program kegiatan intrakulikuler maupun ekstrakulikuler. d) Controlling, Kepala Madrasah mengawasi peran dari personal yang sudah memiliki tugas, wewenang dan membandingkan hasil yang telah dilaksanakan dengan perencanaan yang telah ditetapkan. 2) Faktor penghambat yaitu a) tidak semua guru dapat menggunakan komputer, b) kurang memadainya sarana dan prasarana seperti: ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang komputer, c) ada beberapa guru tidak menggunakan media pembelajaran dengan baik. 3) Solusi: hendaknya mengadakan pengarahan dan pelatihan kepada guru dan tenaga kependidikan tentang penggunaan penguasaan teknologi pendidikan dan mengusahakan media pembelajaran.

 

Kata Kunci : Manajemen, Kepala Madrasah, Kerja guru.

 

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Budiardjo, Miriam. 2004. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedi Pustaka Utama.

Chisman, F. P., and J. A. Crandall. 2007. Passing the torch: Strategies for innovation in community college ESL. New York: Council for Advancement of Adult Literacy.

Dadi, Permadi. 2011. Kepemimpinan Mandiri (Profesional) Kepala Sekolah Kiat Memimpin yang Mengembangkan Partisipasi. Bandung: Sarana Panca Karya Nusa.

E. Mulyasa. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

Kompri. 2015. Manajemen Sekolah Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Malayu Hasibuan, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara

Manunllang M, 2004. Manajemen Personalia. Yogyakarta: Penerbit. Badjah Mada University Press

Mikkelsen, Britha. 2003. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-upaya Pemberdayaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Muhammad Eliyasin & Nanik Nurhayati, 2012. Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: Aditya Media Publishing

Nanang Fattah, 2001. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik, 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyudi. 2009, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Wuradji. 2008. The Educational Leadership. Yogyakarta: Gama Media.

Published

2022-01-04