IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIADALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH CAWAS KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Fitri Purnaningsih IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.19305/elha.v10i2.4762

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Implementasi manajemen sumberdaya manusia dalam meningkatkan Kompetensi Profesionaltenaga pendidik, 2) Faktor Penghambat dalam Implementasi manajemen sumberdaya manusia untuk meningkatkan Kompetensi Profesionaltenaga pendidik, 3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat dalam Implementasi manajemen sumberdaya manusia untuk meningkatkan Kompetensi Profesionaltenaga pendidik di SMK Muhammadiyah Cawas Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, di SMK Muhammadiyah Cawas Klaten. Subjek adalah Kepala Sekolah, Informan penelitian adalah Waka Kurikulum, dan sebagian Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi manajemen sumberdaya manusia:  (a) perencanaan: menyertakan kualifikasi yang harus dipenuhi oleh seluruh calon tenaga pendidikan. (b) pengorganisasian: kerja sama, membagi tiap-tiap pengurus dengan memberi sebuah tanggung jawab, (c) Proses rekrutmen berlangsung mulai dari saat mencari pelamar hingga menugaskannya pada bidangnya masing-masing. (d) Orientasi dilakukan untuk mengenalkan lingkungan kerja, agar mengetahui tugas dan fungsinya, dan mengikutserta semacam seminar, forum ilmiah, pelatihan, dan workshop. (e)  Evaluasi dilakukan dengan indikator yang menyebabkan sukses atau gagalnya suatu pencapaian tujuan, sehingga dapat dijadikan bahan kajian berikutnya. 2) Hambatan, yaitu terbatasnya waktu jam mengajar atau kegiatan belajar mengajar, Pendidikan dan pengembangan pelatihan guru, kurang maksimal, kesibukan masing-masing pengurus sehingga tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. 3) Solusi dalam mengatasi hambatan tersebut adalah dengan meningkatkan dukungan dari wali murid dan komite sekolah, sekolah juga bekerjasama dengan berbagai pihak, dan mengadakan program pelatihan yang berkelanjutan.

 

Kata Kunci: Manajemen, Tenaga pendidik

References

Agustian, Ary Ginanjar.2005, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan SpiritualESQ (Emotional Spiritual Quotient), Jakarta: Arga, 2005

Arikunto, Suharsimi, 2008, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: Rineka Cipta

Dessler, Gary, 2006, Human Resource Management 8th, New Jersey: Prentice Hall International, Inc

Dessler, Gary, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Human ResourceManagement 7e, Edisi Bahasa Indonesia Jilid I, Jakarta: PT Prenhallindo

Djohar. 2006. Guru, Pendidikan dan Pembinaannya (Penerapannya dalam Pendidikan dan Undang-Undang Guru. Yogyakarta : Sinar Grafika

E. Mulyasa,2007, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru,( Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007), hal. 75

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hadari Nawawi, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research JilidIII. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamzah, B. Uno. 2011. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara

Husaini, Usman,2013, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Cet III, Jakarta: Bumi Aksara

Isjoni, 2009, Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok, Bandung: Alfabeta.

Kemenag RI, 2010, AlQuran dan Terjemahan, Bandung: Syaamil

Kemendiknas , Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta: Balai Pustaka, 2009), hal. 453

M. Manullang, Marihot Manullang, 2011, Manajemen Personalia, Edisi 3, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,

M. Ismail Yusanto & M. Karebet Widjajakusuma, 2003, Menggagas Bisnis Islam, Jakarta: Gema Insani Press,

Malayu Hasibuan, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi,( Jakarta: PT B umi Aksara.

Mansur, Musich, 2009, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Oemar Hamalik, Pendidikan Guru, Konsep dan Strategi,( Bandung: CV Mandar Maju, 2001), hlm. 123

Downloads

Published

2022-01-04