Pendayagunaan Zakat Sebagai Upaya Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19 di Baznas Boyolali Di Tinjau dari Maqa>s{id Syari>’ah

Authors

  • Nani Feliyani uin raden mas said surakarta
  • Fairuz Sabiq uin raden mas said surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22515/elha.v12i1.5261

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menjelaskan praktik pendayagunaan zakat di Baznas Boyolali sebagai upaya penanggulangan dampak wabah Covid-19. 2) tinjauan Maqa>s{id Syari>’ah terhadap praktik pendayagunaan zakat sebagai upaya penanggulangan dampak wabah Covid-19 di Baznas Boyolali.

            Penelitian dilakukan pada tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian

lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi.

Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil Penelitian ini yaitu 1) pendayagunaan zakat di Baznas Boyolali selama pandemi wabah Covid-19 tidak mengalami perubahan yang signifikan daripada sebelumnya, hanya saja beberapa program tidak dapat dilakukan secara langsung karena adanya batasan sosial,pendayagunaaan zakat yang dilakukan oleh Baznas Boyolali sebagai upaya penanggulangan dampak Covid-19 memiliki peran di bidang ekonomi, kesehatan, dan sosial. 2) praktik pendayagunaan zakat di Baznas Boyolali sebagai upaya penanggulangn dampak wabah Covid-19 ditinjau dari Maqa>s{id Syari>’ah wabah Covid-19 berdampak terhadap kelima aspek Maqa>s{id Syari>’ah. Akan tetapi melalui program yang dijalankan Baznas Boyolali dalam penanggulangan dampak wabah Covid-19 memiliki pengaruh signifikan terhadap tiga aspek yaitu memelihara agama, memelihara jiwa, dan memelihara keturunan.

Downloads

Published

2022-06-20

Issue

Section

Articles