PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN TOLERANSI AGAMA BAGI GENERASI MILENIAL

Authors

  • Fela Fauziyah Inayati Zayn UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22515/elha.v12i2.7936

Keywords:

Toleransi, Pendidikan Agama Islam, Generasi Milenial

Abstract

Indonesia adalah negara yang majemuk terdiri atas berbagai suku, adat, agama, budaya. Dari keberagaman pula terdapat perbedaan yang mana dapat memunculkan  yang namanya konflik, salah satunya konflik antar agama maupun intern agama. Tujuan dari penelitian ini diharapkan para muda mudi generasi milenial faham dan mengerti dengan pentingnya toleransi. Selain itu Pendidikan Agama Islam bukan satu-satunya cara dalam penanaman Toleransi antar agama. Tetapi pendidikan agama Islam memiliki peran penting sebagai pedoman dan penengah dalam bermuamalah antar agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan (Library research) bersumber dari karya ilmiah, buku, artikel ilmiah.

Penanaman Toleransi beragama hendaknya diciptakan oleh lingkungan itu sendiri, dari lingkungan sekolah, masyarakat, dan yang terpenting adalah keluarga sejak dini. Penanaman lewat Pendidikan Agama Islam dengan mengaplikasikan dengan metode demonstrasi (suri tauladan) serta konstribusi dari beberapa tokoh agama.

References

Darmayanti, Maudin. Pentingnya Pemahaman dan Implementasi Moderasi Beragama dalam Kehidupan Generasi Milenial. Jurnal Syattar Vol. 2, No. 1. 2021.

Fadli, Subhan. Membangun Toleransi Generasi Milenial’, Prosiding Seminar Nasional Kebergammaan dan Kebangsaan bagi Generasi Milenial, (Lembaga Kajian Keagamaan). 2019.

Faisal, Muhammad. 2020. Management Pendidikan Moderasi Beragama di Era Digital. Jurnal ICRHD. 2020.

Fuad A. Jauhar. Pembelajaran Toleransi: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangkal Paham Radikal di Sekolah. Jurnal AnCoMS Vol. 2. No. 1. 2018.

Sutrisno, Hadi , Metodologi Research. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM. 1997.

Hardianti, St. Peran Tokoh Agama dalam Penanaman Sikap Moderasi Beragama pada Generasi Milenial di Borong Kapala Kab. Bantaeng. UIN Alauddin Makassar. 2021.

Hijroh Mukhlis Febri. Teologi Pancasila: Teologi Kerukunan Umat Beragama. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan. Vol. 4. No. 2. 2016.

Ismail, A. Ilyas. The True Da’wa Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Milenial. Jakarta: Prenadamedia Group. 2018.

KBBI Web. https://kbbi.web.id/toleran. (Diaskes tanggal 29 Juli 2022).

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Badan Pusat Statistik. Statistika Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2018.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. 2019.

Mucharomah, Miftah. 2017. “Guru di Era Milenial dalam Bingkai Rahmatan Lil Alamin”, Jurnal Edukasia Islamika. Vol. 2. No. 2. 2017.

Nasih, Ahmad Mujin dan Kholidah, Lilik Nur. Metode dan Tehnik Pembelaaran Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama. 2009.

Nata, Abuddin. Pendidikan di Era Milenial. Jurnal Conciencia. Vol. 18. No. 1. 2018.

Nurhakiky, Sri Mulya dan Mubarok, Muhammad Naelul. Pendidikan Agama Islam Penangkal Radikalisme. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2 No. 2. 2019.

Umro, Jakaria. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Radikalisme Agama di Sekolah. Journal Of Islamic Education. Vol. 2 No. 1. 2017.

Safira, Dwi. Peran Generasi Milenial Terhadap Agama dan Dakwah. https://kumparan.com/dwi-safira/peran-generasi-milenial-terhadap-agama-dan-dakwah-1unG8MruCWi/1. (Diakses tanggal 02 Agustus 2022).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2015.

Yasir, Muhammad. Makna Toleransi Dalam Al-Qur’an. Jurnal Ushuluddin. No. XXII Vol. 2. 2014.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2004.

Downloads

Published

2024-03-15