ANALISIS TINGKAT KESAMAAN DALAM HASIL CEK TURNITIN SKRIPSI PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.22515/elha.v13i2.8825Keywords:
Tingkat Kesamaan, Turnitin, Skripsi, Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap tingkat kemiripan naskah skripsi-skripsi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab di UIN Raden Mas Said Surakarta. Dalam mengumpulkan data dilakukan dengan cara membaca hasil laporan pemeriksaan cek turnitin skripsi mahasiswa program studi bahasa dan sastra arab untuk dilihat frekuensi besaran kesamaan dan memeriksa rata-rata sumber kesamaan. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Rumusan masalah penelitian adalah sejauh mana tingkat kemiripan dalam skripsi-skripsi tersebut dan bagaimana penggunaan Turnitin memengaruhi tingkat kemiripan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam tingkat kemiripan, dengan frekuensi kesamaan berkisar antara 0% hingga 32% dan rata-rata kesamaan sekitar 6%. Ditemukan perbedaan antara skripsi berbahasa Arab dan yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, mengindikasikan pengaruh proses penerjemahan. Temuan dari penelitian ini merekomendasikan pada pihak prodi bahasa dan sastra arab untuk melakukan cek turnitin berbahasa indonesia terlebih dahulu untuk mengantisipasi kesamaan sumber karena pada aplikasi turnitin belum dapat membaca kesamaan pada teks-teks arab.
Downloads
References
Abduldayan, F. J., Obaje, A. M., & Oyedum, G. U. (2017). Assessment of plagiarism in undergraduate projects in the department of library and information technology, Federal University of Technology, Minna, Niger State, Nigeria. Nigerian Libraries, 50(1), 1-10. Retrieved from https://www.ajol.info/index.php/jnla/article/view/166957
Akib, I., & Ibrahim, M. (2017). Fenomena Plagiarisme Mahasiswa. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(1). Retrieved from https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4il.483
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Ariyani, R. (2018, March 19). Proses perumusan kebijakan pendidikan. Retrieved August 2022, from www.rikaariyani.com: https://www.rikaariyani.com/2018/03/proses-perumusan-kebijakan-pendidikan.html?m=1
Awasthi, S. (2019). Plagiarism and academic misconduct a systematic review. DESIDOC Journal of Library & Information Technology, 39(2), 94–100. https://doi.org/https://doi.org/10.14429/djlit.39.2.13622
Balbay, S., & Kilis, S. (2019). Perceived Effectiveness of Turnitin® in Detecting Plagiarism. CONTEMPORARY EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 10(1), 25–36. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.30935/cet.512522
Batane, T. (2010). Turning to Turnitin to fight plagiarism among university students. Journal of Edicational Technology & Society, 13(2), 1-12. Retrieved July 2022
Bensal, E. R., Miraflores, E. S., & Tan, N. C. (2013). Plagiarism: Shall We Turn to Turnitin? CALL-EJ, 14(2), 2-22. Retrieved September 2021, from https://www.researchgate.net/publication/287909737
Davies, L. J., & Howard, R. M. (2016). Plagiarism and the internet: Fears, facts, and pedagogies. In T. Bretag (Ed.), Handbook of Academic Integrity (pp. 1-13). Springer Reference. Retrieved September 2021, from https://doi.org/10.1007/978-981-287-079-7_16-1
Halgamuge, M. N. (2017). The use and analysis of anti‐plagiarism software: Turnitin tool for formative assessment and feedback. Computer Applications in Engineering Education, 25(6), 895-909. Retrieved September 2021.
Hasan, A. (2016). Fenomena Plagiarisme Mahasiswa. Jurnal Equilibrium, 4(1), 20–29.
Kiriakidis, P. (2013). The effect of a policy of mandatory use of Turnitin by graduate and postgraduate online students on reducing unoriginal writing. Postmodern Openings, 4(3), 43–61.
Locke, C. (2002, February). Faculty use Turnitin.com service to thwart plagiarism. Academic Integrity Matters, 8(1). Retrieved July 2022, from Academc Integrity Matters: http://studentservices.odu.edu/osja/aim.pdf
Meo, S., & Talha, M. (2019). Turnitin: Is it a text matching or plagiarism detection tool? Saudi Journal of Anaesthesia, 13(Suppl 1), S48.
Nova, M., & Utami, W. (2018). EFL STUDENTS' PERCEPTION OF TURNITIN FOR DETECTING PLAGIARISM ON ACADEMIC WRITING. International Journal of Education, 10(2), 148. Retrieved July 2022, from http://dx.doi.org/
Novitasari, B., & Nugroho, M. (2021). Cara Mudah Bebas Plagiarism
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.