إدخال نتائج الاعتدال الديني في تعليم اللغة العربية
Keywords:
Moderasi beragama, pembelajaran Bahasa ArabAbstract
Trend moderasi beragama tidak asing lagi di kalangan akademisi. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama pada Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2021 menjadikan tranding istilah moderasi beragama dibumikan dan digaungkan di Indonesia. Penanaman karakter akhlak mulia melalui pembiasaan dalam pembelajaran di era abad 21 ini menjadi obyek penting. Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Dirjen Kurikulum telah merumuskan program pendidikan akhlak mulai dengan target utama mewu judkan generasi Islam yang moderat di lembaga pendidikan keagamaan khususnya di madrasah. Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab pada Madrasah. Dengan adanya hal ini, lalu bagaimana gambaran insersi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Bahasa Arab di madrasah? Penulis ingin memberikan informasi terkait hal ini. Penelitian ini adalah penelitian studi Pustaka untuk mengulang Kembali informasi dengan menelusuri artikel-artikel terkait dengan moderasi beragama pada pembelajaran bahasa Arab. Adapun Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi dari artikel terkait. Dari hasil penelusuran dan telaah dapat disimpulkan bahwa insersi nilai-nilai moderasi pada pembelajaran bahasa Arab di madrasah dilakukan dengan menanamkannya pada pembelajaran bahasa Arab meliputi: 1) insersi nilai moderasi beragama pada kurikulum bahasa Arab, 2) insersi nilai moderasi beragama pada pengembangan bahan ajar bahasa arab berbasis kearifan local, 3) insersi nilai moderasi beragama pada model pembelajaran bahasa arab abad 21.