GLOKALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DI SMPTQ ABI UMMI AMPEL BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.22515/iccl.v2i1.9650Keywords:
Glokalisasi, Pembelajaran, STEAM, AmertaAbstract
Inovasi Pembelajaran menyebabkan perubahan dalam segala hal, terutama persaingan global. Sekolah yang merupakan awal pendidikan untuk membentuk lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global harus memiliki inovasi yang berkualitas. Glokalisasi pembelajaran sangat erat hubungannya dengan kurikulum Merdeka yang didalamnya ada pembelajaran berbasis STEAM. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih dalam pelaksanaan pembelajaran STEAM di SMPTQ Abi Ummi yang merupakan sekolah berbasis pondok. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang didalamnya terdapat Teknik pengumpulan data wawancara terstruktur dengan teknik kepustakaan, menyimak, dan mencatat. Keabsahan data menggunakan trianggulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini terdapat kegiatan tahunan yang merupakan implementasi proyek pelajar Pancasila (P5) yang terintegrasi dengan pembelajaran STEAM. Kolaborasi mata pelajaran sains, teknologi, teknik, seni, serta matematika terbentuk suatu kegiatan. Kegiatan ini Bernama AMERTA yang telah dilaksanakan selama dua tahun berturut-turut sejak tahun 2022. Pada tahun 2024 masih dalam persiapan. Kolaborasi berbagai mata pelajaran ini tertuang dalam bentuk kegiatan pentas seni spektakular yang melibatkan guru, karyawan, siswa, dan juga pihak luar. Proyek ini terbukti membawa warna globalisasi dengan sentuhan kearifan lokal, maka glokalisasi sudah terjadi sejak tahun 2022.