Pola Kolokasi Lirik Lagu pada Album Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya Karya Nadin Amizah

Authors

  • Anis Setyawati IAIN Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v5i01.10083

Keywords:

analisis kolokasi gramatikal, kolokasi, pola gramatikal, lirik lagu, Nadin Amizah

Abstract

This research discusses the grammatical collocation patterns of song lyrics on the album Dunia, Cinta, and Kotornya by Nadin Amizah. Collocation is a natural combination of words in a language to produce writing and speech that sound natural. The collocation pattern of each community in a particular area is not the same. Collocation patterns are also found in song lyrics. Song lyrics are the songwriter's expression of what they experience, feel, and hear. Song lyrics are a one way communication medium about events or occurrences experienced, felt, and heard by the songwriter. One of the singers and songwriters in Indonesia who uses beautiful diction in every lyric of her songs is Nadin Amizah. Nadin Amizah's achievements in the field of music have received many awards, one of which is an award at the Anugerah Musik Indonesia, event which is the highest music barometer in Indonesia. The aim of this research is to describe the grammatical collocation patterns in the album Dunia, Cinta, dan Kotornya by Nadin Amizah. While, this research uses a descriptive qualitative method, it documents its data by taking notes.The technique used to analyze data in this research is the technique of dissecting or describing by classifying, identifying, then explaining the data analysis. The results of this research found that there were five grammatical collocation patterns of song lyrics on the album Dunia, Cinta, and Kotornya by Nadin Amizah. The five collocation patterns are adjective+noun, verb+adjective, verb+noun, noun+noun, noun+adjective.

 

Penelitian ini membahas mengenai pola kolokasi gramatikal lirik lagu pada album Dunia, Cinta, dan Kotornya karya Nadin Amizah. Kolokasi merupakan pemaduan kata yang wajar dalam suatu bahasa sehingga mencetuskan tulisan dan tuturan yang terdengar alami. Pola kolokasi masing-masing masyarakat di daerah tertentu tidaklah sama. Pola kolokasi juga ditemukan di lirik lagu. Lirik lagu merupakan ekspresi pencipta lagu mengenai apa yang dialami, dirasakan, dan didengar. Lirik lagu merupakan salah satu media komunikasi satu arah tentang peristiwa atau kejadian yang dialami, dirasakan, dan didengar oleh pencipta lagu. Salah satu penyanyi sekaligus pencipta lagu di Indonesia yang menggunakan diksi indah di setiap lirik lagunya adalah Nadin Amizah. Prestasi Nadin Amizah di bidang musik mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya adalah penghargaan di ajang Anugerah Musik Indonesia yang merupakan barometer musik tertinggi di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola kolokasi gramatikal pada album Dunia, Cinta, dan Kotornya karya Nadin Amizah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dengan cara simak catat. Teknik yang digunakan untuk mengkaji data pada penelitian ini adalah teknik membedah atau menguraikan dengan mengklasifikasikan, mengidentifikasikan, kemudian memaparkan analisis data. Hasil penelitian ini ditemukan terdapat lima pola kolokasi gramatikal lirik lagu pada album Dunia, Cinta, dan Kotornya karya Nadin Amizah. Kelima pola kolokasi tersebut adalah adjektiva+nomina, verba+ adjektiva, verba+nomina, nomina+nomina, nomina+adjektiva.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahya, A. T. D., Lestari, R. D. & Mustika, I. (2021). “Analisis Makna Lagu ‘Lihat, Dengar, Rasakan’ Dari Sheila on 7 Menggunakan Pendekatan Semiotika.” Parole 4 (1): 67–76.

Dogouru, M. (2022.) “Analisis Kolokasi dan Set dalam Kumpulan Puisi ‘Perihal Gendis’ Karya Sapardi Djoko Damono” 9: 356–63.

Iqbal, N. (2022). “Penggunaan Lirik Lagu ‘Bertaut’ Karya Nadin Amizah Dalam Keterampilan Menulis Puisi Bertemakan Ibu Pada Siswa Sma Negeri 1 Ciseeng Bogor Tahun Pelajaran 2021/2022.” Journal of Economic Perspectives 2 (1): 1–4. http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017.

Puspita, L. E. & Ratini, R. (2024). “Analisis Makna Leksikal, Gramatikal, Referensial, Dan Non Referensial Pada Cerpen Surat Rahasia Dari Tuhan Karya Amelia Bunga Nofitasari.” Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris 2 (3): 295–303. https://doi.org/10.61132/fonologi.v2i3.939.

Mahsun. (2011). Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Pratiwi, S. (2023). “Variasi Dan Pola Kolokasi Verba Dalam Makna ‘Memberikan Informasi’ Pada Korpus Berita.” LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah 13 (1): 193–204. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6606.

Rahmawati, A. (2018). “‘Bentuk Interferensi Sintaksis Bahasa Indonesia Dalam Berbahasa Arab’.” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 1(2). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1 %0Ai2.5416.

Shei, C. C. & Pain, H. (2000). “An ELS Writer’s Collocational Aid.” Computer Assisted Language Learning, 13(2): 167–82.

Sudja’ie, Aminah, M., Mimiensudja’, J. S., Purwandari, G. A., Puspita, R., Sari. (2018). “Ketidaklaziman Diksi dalam Membuat Kolokasi Leksikal (Tipe Verb + Noun Dan Tipe Adjective + Noun).” Jurnal Ilmiah Lingua Idea ISSN 9 (1): 2580–1066.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suhendi, A. A. (2012). “Kesalahan Gramatikal Bahasa Inggris Dalam Pola Kalimat Sederhana Siswa Kelas VIII Unggulan SMP Plus Al-Aqsha (Kajian Sintaktis).” Students E-Journal 1 (1): 4----. https://lens.org/134-294-314-035-659.

Widyaning, T. I. R. & Chamalah, E. (2024). “Gaya Bahasa Pada Album ‘Untuk Dunia, Cinta, Dan Kotornya’ Nadin Amizah: Kajian Stilistika.” Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran 3 (1): 73–81.

Utami, T. S. D. (2018). “Perwujudan Pola Struktur Gramatikal Kalimat Pada Karangan Naratif Siswa Kelas VI SD Palm Kids Palembang.” Jurnal PGSD Musi 1 (1): 65–77.

Yanti, Afrida, Lubis P. A., Natasha, N. A., Sitorus, E., & Barus, F. L. (2021). “Analisis Makna Leksikal Pada Lirik Lagu Kamu Dan Kenangan Karya Maudy Ayunda.” Asas: Jurnal Sastra 2 (3): 86. https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26269.

Yuliyawati, S. N., Dewiyanti, S. (2023). “Pemetaan Pola Kolokasi Bahasa Indonesia Pada Artikel Kompas Mapping of Indonesian Coll Ocation Patterns in ‘ Kompas ,’” 1–8.

Zam, M. A. A., Utami, P. I., & Fitriani, Y. (2023). “Representasi Perempuan Dalam Lirik Lagu Nadin Amizah ‘Rayuan Perempuan Gila.’” Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) 13 (2): 210–16. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i2.12894.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Setyawati, A. (2024). Pola Kolokasi Lirik Lagu pada Album Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya Karya Nadin Amizah . Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 5(01), 67–76. https://doi.org/10.22515/tabasa.v5i01.10083

Issue

Section

Articles

Citation Check